Berikut Adalah Beberapa Kegunaan Dari NFC (Near Field Communication)

By | March 4, 2016

NFC merupakan singkatan dari (Near Field Communication). Sebagian besar ponsel dibuat dengan fitur NFC tapi biasanya Cuma sedikit pengguna yang tau dari fitur NFC, di sini saya akan coba mengulas apa saja sih fitur dan bagaimana pemanfaat NFC di ponsel anda :

Apa itu NFC?

NFC merupakan singkatan (Near Field Communication), pada dasarnya, cara untuk telepon Anda untuk berinteraksi dengan sesuatu di dekatnya. Beroperasi dalam radius sekitar 4 cm dan menyediakan koneksi nirkabel antara perangkat Anda dan perangkat lain. Hal ini memungkinkan untuk komunikasi dua arah, dengan kedua perangkat yang terlibat mampu mengirim dan menerima informasi. koneksi NFC ini tidak bergantung pada Wi-Fi, 3G, LTE, atau sebaliknya, dan tidak ada biaya untuk pengunaannya.

Jadi seperti Bluetooth donk ?

Bluetooth dan NFC menawarkan transmisi nirkabel 2-arah antar perangkat yang sama dan biasanya datang sebagai fitur standar pada smartphone modern.

Namun, mereka berbeda dalam beberapa fitur. Bluetooth memiliki jangkauan operasional yang lebih besar (hingga 30 kaki, dalam beberapa kasus), tapi biasanya mengkonsumsi baterai yang lebih banyak. Bluetooth membutuhkan waktu sedikit lebih lama untuk pengaturannya.

Mana yang lebih baik: NFC atau Bluetooth?

Karena NFC perlu berada di dekat, lebih mudah untuk mengatur dan memasangkan dengan perangkat lain itu yang membedakannya dengan Bluetooth. kemudahan NFC ini dalam penggunaannya adalah kekuatannya yang cukup besar dan juga dapat digunakan bersama dengan Bluetooth untuk kinerja yang lebih baik. Pada akhirnya, kedua teknologi memiliki keuntungan yang hampir sama

Cara mengaktifkan NFC

Pertama, menggunakan NFC Anda harus memiliki perangkat yang mendukung NFC. Untuk mengaktifkannya anda pergi ke Pengaturan> Wireless & jaringan dan jika Anda melihat NFC didaftar, maka perangkat Anda memiliki fitur NFC. Cara Mengaktifkannya bisa dilakukan dari menu yang sama.

Penting: Untuk transfer NFC bekerja dengan baik perangkat Anda dan perangkat pengirim / penerima harus mangaktifkan NFC terlebih dahulu.

Apa saja yang dapat dilakukan dengan NFC ?

1. Mengirim nomor telepon dengan NFC

Cukup hanya arahkan ke kontak dalam buku alamat Anda , kemudian tekan telepon ke penerima dan bila telepon Anda cukup menyentuk tombol “touch to beam” untuk mengirim kontak tersebut.

2. Mengirim gambar dengan NFC

Snapchat bukan satu-satunya cara untuk cepat mengirim gambar, Anda juga dapat menggunakan NFC. Buka gambar yang ingin Anda kirim lalu kirim dengan NFC.tidak ada yg spesial dalam pengunaannya.

3. Mengirim dokumen dengan NFC

Ini bisa menjadi proses yang sedikit rumit. Jika Anda mencoba mengirim dokumen PDF misalnya. Jadi dalam hal ini, Anda harus menggunakan Android Beam. Arahkan ke file yang ingin berbagi, tekan ikon Berbagi, lalu pilih Android Beam.

4. Berbagi Aplikasi android lebih gampang dengan NFC

Ya, dengan NFC Anda dapat langsung ke Play Store untuk mengambil aplikasi atau game favorit anda. Selama Anda menggunakan aplikasi atau game pada saat itu, NFC akan mengarahkan penerima ke halaman Google Play aplikasi. Contoh : anda melihat aplikasi keren di ponsel android teman anda, biasanya anda akan tanya : nama aplikasinya apa sih?? Sekarang dengan bantuan NFC anda cukup minta teman anda berbagi aplikasi melalui NFC , makan anda sebagai penerima akan langsung diarahkan ke google play store untuk mendownload aplikasi tersebut. Hal ini juga bisa menghindari mendownload aplikasi yang salah.

5. Mengirim Sebuah Arah melalui NFC

Ada banyak kesempatan ketika Anda diminta untuk menjelaskan arah dengan seseorang, tetapi dengan NFC Anda tidak perlu. Gunakan Google Maps untuk membuat beberapa arah, maka lalu kirim arah tadi melalui NFC.

Contoh : anda ingin ke rumah teman anda, dan anda tidak tau alamat rumah teman anda itu, anda cukup minta saja arah rumah dia yang sebelumnya sudah dibuat di google map, lalu minta teman anda untuk mengirimkannya melalui NFC.

6. Melakukan pembayaran dengan NFC

NFC juga bisa digunakan untuk melakukan pembayaran mobile. Download Android Pay melalui link di bawah ini, lalu tambahkan rincian kartu kredit atau kartu debit Anda, kemudian anda bisa menggunakannya di setiap toko yang memiliki terminal pembayaran contactless. Untuk sekarang toko-toko ini hanya dapat ditemukan di Amerika Serikat .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *