Cara Memperbaiki Flashdisk/ Harddisk yang tidak terdeteksi

By | December 6, 2016

Harddisk Eksternal dan USB Flashdisk adalah sebuah media penyimpanan yang mudah digunakan. Dalam beberapa kasus, ada beberapa USB flashdisk /harddisk yang tidak terbaca oleh komputer.Apa penyebabnya ? Penyebab utama-nya dapat disebabkan oleh partisi pada USB Flashdisk / Harddisk eksternal Anda,bisa jadi juga Anda  menggunakan sistem file/Format yang salah, sehingga menyebabkan beberapa masalah diantaranya :

  • USB Flashdisk/ Harddisk Anda tidak terdeteksi oleh komputer
  • Driver pada windows di mendukung flashdisk / Harddiak eksternal
  • Muncul pesan Error unrecognized USB drive
  • Flashdisk/Harddisk Eksternal Anda memunculkan notifikasi untuk menformat
  • Dan beberapa masalah lainnya

Lalu bagaimana cara memperbaiki masalah USB Flashdisk/ Harddisk Anda tidak terdeteksi oleh komputer dan masalah lainya? Berikut ini adalah langkah-langkahnya :

Pertama, mari kita periksa apakah Sistem Windows dapat mendeteksi Flashdisk/harddisk ketika Anda pasang?  Untuk memeriksanya tekan tombol

Windows Key + R, ketik diskmgmt.msc ,dan tekan Enter.

Jika sudah Anda akan melihat drive eksternal/flashdisk tampil di jendela Disk Manajemen, seperti gambar berikut :

disk-mngtl

Jika sudah disini saya akan menformat harddisk/ flashdisk yang tadinya tidak terdeteksi oleh Windows, Caranya Klik Kanan Pada Harddisk/flashdisk eksternal yang bermasalah lalu pilih format.

flashdisk-tidakterdeteksi

*** Lalu Bagaimana jika Flashdisk/Harddisknya tidak dapat terdeteksi sama sekelai pada jendela “Disk Manajemen”?

Mari kita lanjutkan ke bagian berikutnya di mana kita akan mencoba untuk mencari tau kenapa Flashdisk/Harddisk Anda tidak Terdeteksi.

Sebelum melakukan proses ini, cobalah terlebih dahulu untuk menguji flashdisk/harddisk anda di komputer lain, jika setelah dites di komputer lain masih tidak terdeteksi juga, mari kita lanjutkan ketahap ini :

Pertama kita periksa dulu untuk kemungkinan Windows mengalami masalah driver dengan flashdisk /harddisk Anda. Kita dapat memeriksanya dengan menggunakan Device Manager.

Untuk membukanya, tekan Windows Key + R, ketik “devmgmt.msc” dan tekan Enter.

flashdisk-tidakterdeteksi2

Carilah pada daftar Disk drive dan carilah apakah ada perangkat dengan tanda seru atau berwarna kuning. Jika Anda melihat tanda seru berwarna kuning, Berarti Anda memiliki masalah driver dengan device tersebut.

Klik kanan perangkat dengan tanda seru berwarna kuning, pilih Properties, Driver , Update Driver.

usb-device-properties

*** Jika proses update driver sudah selesai , cek kembali device manager apakah Flashdisk /Harddisk anda sudah terdeteksi ? jika sudah cabut Flashdisk/ Harddisk dari komputer kemudian masukkan lagi,Flashdisk/ Harddisk anda akan normal kembali.

Cara Mempartisi Ulang Flashdisk/ Harddisk

Kita dapat menggunakan tools pada Windows Disk Management untuk memperbaiki partisi dan sistem file yang bermasalah dengan flashdisk/ harddisk Anda. Jika anda menjumpai pesan “unallocated space” pada flashdisk/ harddisk  . buka kembali Device Managemen.

Untuk mempartisi ulang, klik kanan pada flashdisk/harddisk “unallocated space”, pilih New Simple Volume, dan pilih wizard untuk membuat partisi baru.

flashdisk-tidakterdeteksi3

Bagaimana jika partisi tidak terlihat sama sekalai pada Windows Disk Management ?, Bisa jadi file System pada Flashdisk/ Harddisk anda salah !  Misalnya, Anda mungkin telah mem-format flashdisk/ harddisk Anda  dengan sistem file ext4 padahal format ini hanya bisa dugunakan pada Sistem Operasi Linux Saja atau sistem file HFS Plus khusus untuk Mac. Windows tidak dapat membaca sistem file ini. Karena windows hanya bisa membaca format sistem file NTFS atau  Format FAT32 .

flashdisk-tidakterdeteksi4

Untuk memformat partisi ke Format NTFS/FAT 32, klik kanan  pada flashdisk/harddisk, pilih Format, dan pilih file system yang NTFS/ FAT 32.

*** Proses ini akan menghapus semua data pada Flashdisk/Harddisk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *