Cara Memperbaiki Kabel OTG tidak Terhubung/ Connect ke perangkat/ tablet Android

By | July 11, 2016

Menyambung tulisan saya sebelumnya tentang “Cara Menghubungkan USB OTG ke Perangkat Android ” ada beberapa dari anda yang tidak bisa terhubung sama sekali antara perangkat/tablet dengan OTG tulisan dibawah ini akan membahas Cara Memperbaiki Kabel OTG tidak terhubung ke perangkat/tablet anda.

Kadang-kadang USB OTG tidak bisa Connect /terhubung karena ada suatu masalah atau isu lainnya, dan di sini adalah beberapa aplikasi yang dapat diinstal pada perangkat anda untuk memecahkan masalah kenapa USB /media lainya tidak bisa terhubung ke kabel OTG.

1. OTG Troubleshooter

otg-trouble

Aplikasi ini mendeteksi dan memberikan solusi untuk masalah yang berkaitan dengan Kabel OTG anda. Harap diingat aplikasi ini tidak akan menampilkan file pada drive USB, melainkan hanya akan memverifikasi apakah kabel OTG yang akan anda hubungkan dalam kondisi baik dan support dengan ponsel/tablet anda.Cara menggunakan aplikasi ini cukup sederhana :
1. Lepaskan kabel OTG Anda ketika diminta oleh program.
2. Sambungkan kabel OTG Anda ketika diminta oleh program.
3. Jika semuanya OK, Anda akan mendapatkan 4 tanda centang hijau. Jika tidak ada masalah yang terjadi atau Anda mendapatkan kurang dari 4 cek hijau, ketuk Info untuk mengetahui deskripsi masalah.

2. OTG Disk Explorer Lite

otg-lite

Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk membaca dan terhubung ke USB flash drive dan pembaca kartu dari smartphone Anda. Yang harus Anda lakukan adalah menghubungkan flash disk ke OTG (On-the-go)  dan kemudian menghubungkan konektor USB mikro dari perangkat dan setelah itu anda buka aplikasi ini untuk melihat semua file dalam USB drive. Satu-satunya batasan dengan aplikasi ini adalah bahwa versi Lite hanya sebatas untuk mengakses ukuran file sampai 30 MB saja dan apabila Anda perlu membuka ukuran file yang lebih besar, Anda perlu meng-upgrade ke OTG Disk Explorer Pro.

3. OTG Status

otg-status

Tujuan dari aplikasi ini adalah untuk mencari tahu apakah smartphone atau tablet mendukung kabel OTG anda atau tidak . Aplikasi ini cukup sederhana dan memungkinkan Anda untuk mengetahui apakah USB OTG dan Host USB support dengan ponsel/tablet anda. Selain itu, aplikasi ini juga akan memberikan solusi seperti USB /OTG apa saja yang  didukung oleh perangkat anda. Tapi, saya rekomendasikan Anda terlebih  dahulu harus mengisi baterai perangkat Anda secara penuh sebelum menggunakan atau menjalankan aplikasi ini untuk pertama kalinya guna untuk mendapatkan hasil yang akurat.

4. Nexus Media Importer

otg-nexus

Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk melakukan streaming atau mentransfer konten seperti musik, foto, video dan dokumen dari USB flash drive atau kartu memori  untuk smartphone Anda aplikasi ini berjalan pada Android 4.0 atau yang lebih baru. Yang perlu Anda lakukan adalah memasang  perangkat USB ke kabel OTG dan Aplikasi ini secara otomatis akan meluncurkan dan file pada USB anda.

Detail Penggunaan aplikasi ini :
-Jika Anda menggunakan card reader, tempatkan terlebih dahulu.
-sambungkan Perangkat USB Anda ke kabel OTG.
-sambungkan Kabel OTG ke perangkat ponsel/tablet anda.
kalau tidak ada masalah Aplikasi ini seharusnya  menampilkan data anda secara otomatis
-Gunakan  File Manager untuk mengelola dan mentransfer file.
Dukungan :
-Jika Anda memiliki masalah, Anda dapat menekan “Homesoft” dari layar Tentang dukungan e-mail.
– Kebanyakan Perangkat USB Mass Storage telah didukung oleh aplikasi ini yang sudah hampir 100 %

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *