Cara Memperbaiki Masalah Windows 10/8.1/8 Tidak Bisa Shut down

By | March 9, 2016

Jika laptop Anda tidak bisa shutdown setelah Anda menginstal Windows 10, Anda mungkin memiliki beberapa masalah dengan system Shutdown Hybrid, default fitur Windows ini biasanya berjalan baik, karena mengurangi waktu shutdown, tetapi juga dapat menyebabkan beberapa masalah.

Dalam versi terbaru dari Windows (8,8.1 dan 10) Microsoft telah memperkenalkan metode shutdown baru, yang disebut Hybrid Shutdown. Fitur ini diaktifkan secara default, dan bertujuan mengurangi waktu shutdown pada PC/Notebook. Hybrid Shutdown mengurangi waktu shutdown pada sesi kernel. Ketika PC dinyalakan lagi, sesi kernel dicabut dari hibernasi, sehingga mengurangi waktu booting juga.

Tapi selain meningkatkan kinerja, fitur Shutdown Hybrid juga dapat menyebabkan beberapa masalah atau bahkan membuat Windows tidak bisa shutdown sama sekali. Ketika ini terjadi, banyak komputer hang seketika, maka anda terpaksa akan melakukan shutdown secara paksa , dan penyebab untuk masalah ini adalah karena Hybrid Shutdown diaktifkan secara default. Jadi, secara logis, untuk memecahkan masalah ini, Anda harus menonaktifkan fitur ini. Bila Anda menonaktifkannya, sesi kernel tidak akan hibernated di shutdown lagi. Ini mungkin akan meningkatkan waktu shutdown dari PC Anda, tapi masalahnya akan dipecahkan.

Cara Me-nonaktifkan Hybrid Shutdown secara manual

Ikuti langkah-langkah untuk menonaktifkan fitur Hybrid Shutdown di-windows 8/8.1/10.

  1. Pergi ke Search” ,Ketikkan power options” dan klik Power Options” dari hasil penelusuran .
  2. Di sisi kiri jendela klik pada Choose what the power button does”
  3. Jika diperlukan, klik Change settings that are currently unavailable”, di bawah Define power buttons and turn on password protection
  4. Dari pilihan diaktifkan di bawah bagian pengaturan Shutdown, hapus centang pada Turn on fast startup (recommended) .untuk menonaktifkan Hybrid Shutdown.
  5. Klik tombol Save changes untuk menyimpan pengaturan .
  6. Tutup Power Options window.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *