Cara memperbaiki SIM Card tidak terdeteksi/tidak ada sinyal di Ponsel Android

By | October 9, 2016

Kesalahan pada Kartu SIM Card biasanya terjadi ketika Anda memasukkan kartu SIM dengan tidak benar. Ini adalah alasan paling umum kenapa kartu SIM card anda tidak terdeteksi di ponsel android, tapi itu bukan satu-satunya alasan mengapa ponsel Anda tidak mendeteksi SIM Card. Hal ini bisa juga disebabkan oleh perangkat lunak perangkat Anda juga. Ada kemungkinan bahwa kartu SIM yang sudah dimasukkan secara benar namun perangkat Anda tidak membacanya karena kesalahan yang terjadi pada perangkat lunak/sistem di android anda. Dengan kata lain, ini juga mungkin menunjuk ketidakmampuan perangkat Anda untuk memeriksa jaringan yang disebabkan terjadinya kerusakan sistem pada android anda.

Mari kita lihat bagaimana kita dapat mengatasi masalah tersebut, sehingga Anda dapat menggunakan ponsel seperti biasa. Berikut langkah-langkahnya :

1: Restart perangkat android Anda

Mari kita mulai dengan cara tercepat dan termudah untuk memecahkan masalah. Ketika merestart telepon Anda sama dengan merefresh(menyegarkan) sebagian besar perangkat lunak yang memiliki kesalahan kecil dapat diselesaikan hanya cukup dengan merestart perangkat android. Jadi merestart perangkat android Anda  memungkinkan untuk perangkat Android Anda membaca SIM Card yang tadinya tidak terdeteksi. Jika cara ini belum menyelesaikan masalah anda mari kita lanjut ke cara ke 2

2: Memeriksa tray SIM Card

Matikan perangkat Anda dan kemudian keluarkan kartu SIM dari perangkat anda . Ada kemungkinan bahwa debu yang ada pada ponsel menjadi sebab masalah SIM Card tidak terbaca oleh perangkat android.Cobalah untuk Meniup debu pada Kuningan SIM Card dan bersihkan SIM CardAnda dengan lembut tanpa merusak bagian-bagiannya. Kemudian masukkan kembali SIM Card anda ke perangkat android.Cobalah hidupkan kembali android anda dan Periksa apakah sekarang SIM card anda sudah terdeteksi? Jika belum mari kita lanjut ke tahap ke 3.

3: Beralih Mode Pesawat  (Plane Mode)

Ok,Sekarang kita sudah memastikan tidak ada masalah dengan kartu SIM anda, Sekarang cobalah untuk beralih ke modus Airplane (Pesawat). Banyak banyak orang berhasil setelah melakukan tips ini.

  • Tap pada mode Airplane Mode
  • Tunggu selama 30 detik dan matikan kembali  Mode pesawat.

Setelah mode Pesawat dimatikan, perangkat Anda akan mencoba untuk mencari jaringan. Jika ia mampu mencari jaringan maka masalah Anda terselesaikan pada tahap ini. Jika belum mari kita lanjut kembali ke cara ke 4.

4: Mengatur Mode Jaringan ke Otomatis

Kadang-kadang, modus jaringan Anda mungkin telah keliru. Rubahlah Mode jaringan ke Otomatis

Cara ini akan memastikan bahwa perangkat Anda dapat secara otomatis terhubung ke jaringan yang tersedia. Misalnya anda menyetting secara manual ke 4G Only, jika nanti anda berpergian ke daerah yang tidak terjangkau oleh 4G maka otomatis  indikator sinyal di android anda akan menampilkan No Signal.

otomatis-sim

Jika belum berhasil juga mari kita lanjut ke langkah ke 5

5: Pilih Operator jaringan yang tepat

Pastikan operator jaringan anda pada perangkat androi sudah sesuai dengan kartu SIM yang anda pakai untuk memastikannya , ikuti langkah berikut:

  • Pergi ke menu Settings
  • Tekan pada Jaringan dan kemudian pergi ke Jaringan Mobile
  • tekan pada Jaringan Operator
  • Tekan pada opsi yang mengatakan Cari Networks/Cari Jaringan
  • Tunggu proses pencarian ini beberapa saat, sampai perangkat anda menemukan jaringan yang sesuai dengan kartu yang anda gunakan.

manual-set-network

Anda dapat menggunakan cara  ini pada semua perangkat Android .

Ok, apakah sudah berhasil ? jika belum kita lanjut lagi ke tahap ke 6

5: Reset Ulang perangkat anda ke setelan pabrik.

Yup… ini adalah senjata pamungkas untuk mengatasi masalah ini, jangan lupa backup dulu data anda.

Pertanyaan lain :

Apa yang harus saya lakukan jika ponsel saya sebelumnya terkena air, setelah saya hidupkan kartu SIM tidak terdeteksi !

Jika Anda tidak sengaja menjatuhkan perangkat Anda ke dalam air dan setelah itu kartu SIM tidak terdeteksi lagi, ada kemungkinan bahwa salah satu sirkuit telah rusak karena air. Yang terbaik untuk anda  lakukan adalah menunggu ponsel Anda sudah benar-benar kering sebelum Anda menggunakannya. Lepaskan penutup belakang perangkat Anda,kalau  itu bisa dilepas, kemudian mengambil baterai dan SIM Card , setelah itu letakkan ponsel, baterai, dan SIM card anda di dalam beras.

Biarkan hingga kering di dalam beras selama 24 jam sebelum mencoba untuk menghidupkannya kembali.

Bagaimana jika SIM card saya tidak terdeteksi lagi setelah saya melakukan update sistem ?

Pembaruan perangkat lunak selalu dimaksudkan untuk memastikan bahwa perangkat Anda bekerja lebih baik dan semua itu tentu dilakukan oleh pabrikan secara profesional. Inilah sebabnya mengapa pihak pabrikan selalu menyerankan anda untuk mengupdate sistem anda ke versi yang lebih baru. Namun, jika setelah update menyebabkan masalah, ada kemungkinan bahwa data lama di dalam perangkat anda menjadi sumber masalah.

  • Restart perangkat Anda setelah melakukan proses update
  • Buka dan pasang kembali SIM Card anda.
  • Mereset kembali ke setelan pabrik. Inilah 3 langkah yang wajib anda lakukan jika kartu SIM anda tidak terdeteksi setelah anda melakukan pembaharuan sistem.

 

KHUSUS UNTUK PONSEL XIAOMI JIKA SIM CARD TIDAK TERDETEKSI, COBALAH LOGIN DAHULU KE “MI ACCOUNT”

14 thoughts on “Cara memperbaiki SIM Card tidak terdeteksi/tidak ada sinyal di Ponsel Android

  1. andre mustafa

    Saya mau menggantijaringan 3G di hp Android tapi malah siknal tidak ada sama sekali pas saya sudah menggandi jaringan 3G,gimana mengatasi nya

    Reply
    1. Jefri Fauzul Post author

      Kemungkinan besar jaringan 3G tidak tersedia diwilayah Anda. Saran saya,coba Koneksi 3G di daerah yang tercover jaringan 3G.

      Reply
  2. Wisnu

    Numpang tanya, kalo no kontak d kartu sim tidak terbaca kenapa ya? Padahal sinyal jaringan ok,kuota terdeteksi. Terima kasih

    Reply
    1. Jefri Fauzul Post author

      Bisa pergi ke Kontak > Menu > Options > More Options > Select Contact Display > Pilih SIM > All Contact

      Reply
  3. firda

    Maap min hp saya xiomi kartu sim tidal terbaca setelah saya melakukan ke setelan pabrik, bagaimana cara memperbaikinya?

    Terimakasih

    Reply
    1. Jefri Fauzul Post author

      Cobalah login terlebih dahulu ke “Akun MI”

      Reply
  4. araykiran

    Maap min,mohon bantuannya ..
    Singkat cerita,di hp saya muncul tulisan “Hapus Kartu Sim” opsi nya yes or no dan tanpa sengaja saya klik yes dan setelah itu langsung ga terdeteksi slot 1 nya,ada solusi ?

    Reply
    1. Jefri Fauzul Post author

      Kalau Anda menggunakan Xiaomi , buat dan login dulu ke “MI Account”

      Reply
  5. Dimas Lunaldy

    Min hp saya tidak sama sekali terdeteksi jaringan padahal saya udh mengembalikan ke setelan pabrik masih tetap gak kebaca mohon pencerahannya min

    Reply
    1. Jefri Fauzul Post author

      boleh tau merek dan tipe hp nya apa ?

      Reply
  6. fadly

    Min, kemaren ane beli kartu indos*t 4g.. ane coba masukin ke hp andro lenovo, ga bisa.. ane coba hp android samsung ga bisa jg… intinya d hp andro yg jaringan hsdpa itu sim ga kebaca… tp di lenovo sim2 krna jaringannya edge bisa kebaca…

    Singkat cerita, ane coba di nokia lumia os windows phone jaringan hsdpa kok normal2 aja…

    Nah solusinya gmna nih ? Udh ane cek sgla kacem, frekuensi sinyal udh ane otak atik jg ttp aja ga ngaruh…

    Nb:kartu indos*t ane yg blm 4g d msukin ke hp2 itu normal semua ga ada kendala…

    Reply
    1. Jefri Fauzul Post author

      Gini : sebelumnya Hp agan udah support 4G belum ? kalau udah support 4G, coba pastikan signal Indosat 4G di area agan sudah tercover. jika sudah coba masuk ke settingan jaringan Data, pastikan disana jaringannya bukan 4G/LTE Only maupun 3G/HSDPA Only. cobalah rubah settingannya ke ” LTE/HSDPA/EDGE/GPRS ” .
      karena asumsi saya : jika kartu sudah 4G namun area agan gak dapat signal 4G dan settingan di ponsel 4G only , otomatis notifikasi sinyal di ponsel tidak akan keluar/terdeteksi.
      Mohon kirim balasan apabila ada tambahan atau kekeliruan.

      Reply
  7. Reza Mintin

    Maaf,min cerita saya agak panjang …..
    Saya dulu make kartu Telkomsel Tri…..tapi jaringan.x lambat…..setelah it saya coba membeli kartu telkomsel 2G ….jaringan.x langsung cepat…Saya langsung suka sama kartu telkomsel….nah waktu it saya langsung membeli kartu Telkomsel 10G…4 G untuk 3Gdan4 G u/ 4G…..jaringan.x langsung menjadi “H” bukan “H+”….. nah bagaimana cara mengatasi.x…..???

    Reply
    1. Jefri Fauzul Post author

      Boleh informasikan merek dan type ponsel nya ?

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *