Cara mengambil foto yang keren dengan Kamera ponsel Android

By | June 15, 2016

Sangat mudah untuk mengambil foto lebih baik dengan smartphone Android Anda, Anda hanya perlu mempelajari trik  Berikut ini adalah beberapa ide sederhana yang bisa anda coba. Untuk Meningkatkan keterampilan fotografi di smartphone Anda.

  1. Bersihkan lensa Anda

Hal Pertama yang harus anda lakukan untuk mengambil photo yang bagus di ponsel adalah untuk membersihkan lensa kamera smartphone Anda.Karena tanpa kita sadari lensa sering menjadi kotor dan hasilnya akan membuat photo anda kabur.Setiap kali Anda akan mengambil photo pastikan lensa kamera smartphone anda bersih.

  1. Gunakan sentuhan-to-capture atau volume shutter ketika megambil photo selfie

Cara ini sangat berfungsi sekali pada smartphone layar sentuh, karena mengambil photo dengan cara menyentuh layar sangat sulit dilakukan, apalagi bagi anda yang memiliki kamera depan yang kurang bagus. Otomatis tanpa shortcut anda akan kesulitan untuk mengambil photo selfie, buatlah sebuah tombol capture dari tombol volume untuk memudahkan anda mengambilkan photo selfie.

  1. Buatlah Menu Kamera pintasan pada Lockscreen Ponsel anda.

Fitur ini akan memudahkan anda memanggil aplikasi kamera secara cepat, tanpa harus masuk ke layar utama ponsel anda.

  1. Mengambil Photo Secara Landscape

Bagi anda yang sudah terbiasa mengambil photo dengan format 16: 9 sebagai konsekuensinya, gambar yang di potret  cenderung terlihat canggung . Biasakanlah mengambil photo dengan cara Landscape untuk menghasilkan photo yang bagus

  1. Hindari menggunakan lampu Flash

Bahkan pada kamera DSLR, fungsi lampu kilat umumnya hanya digunakan untuk keadaan darurat saja.Jika Anda dapat menggunakan cahaya alami untuk menerangi gambar Anda, maka maksimalkanlah cahaya alami tersebut, karena Anda pasti ingin gambar Anda terlihat alami, bukan?

Ada waktu dan tempat untuk menggunakan LED flash pada kamera smartphone, tapi karena letaknya cenderung berada sangat dekat dengan lensa, dapat memiliki efek mencolok yang mengurangi kualitas photo anda.Jika cahaya alami tidak cukup, cobalah untuk meningkatkan nilai eksposur (EV) dan ISO pada kamera Anda.Ingatlah bahwa peningkatan ISO juga akan meningkatkan graininess atau ‘noise’ dalam gambar Anda.

  1. Jangan gunakan zoom digital

Digital zoom terkenal untuk menghancurkan kualitas foto smartphone. Kecuali kamera Anda memiliki zoom optik, di mana lensa kamera sebenarnya menjorok keluar dari perangkat Anda, semua zooming yang dilakukan adalah untuk memperbesar dan memotong gambar. Jadi gunakan fitur zoom hanya pada saat tertentu saja.

  1. Gunakan HDR

HDR adalah modus besar dalam mengambil sebuah foto objek stasioner, selama Anda memiliki tangan yang mantap.mode HDR (high dynamic range) memastikan bahwa pencahayaan dan bayangan dalam foto yang merata .Hal ini sangat berguna untuk foto dengan kontras tinggi.

mode HDR membutuhkan dua atau lebih gambar dari berbagai eksposur hampir bersamaan. Yang Anda perlukan hanya menjaga kamera super-stabil, jika tidak, foto Anda akan kabur. Rekomendasi saya gunakan tripot apabila anda ingin mengambil photo HDR. Atau kalau tangan anda cukup kuat untuk tidak bergerak gunakanlah tangan anda hehehehhe J

  1. Periksa Setelan kamera bagi anda yang menggunakan fitur Auto

Setiap kali Anda mengambil foto, periksalah  ‘Rincian’ foto untuk melihat berapa ISO yang dipakai, waktu paparan dan aperture .

Dengan menerapkan cara ini, Anda akan perlahan-lahan belajar mengatur cahaya pada ponsel anda. Hal ini sangat berguna bagi anda yang menggunakan fitur ‘Auto’ , sehingga Anda bisa mendapatkan dan merasakan sendiri pengaturan resor kamera Anda .

  1. Membuat satu subjek muncul beberapa kali dalam satu bidikan Panorama

Aplikasi Kamera Google telah tersedia di Google Play Store, sehingga siapapun yang menjalankan Android 4.4 KitKat atau lebih tinggi bisa mengambil untuk perangkat Android mereka.Dalam aplikasi ini, Anda dapat menggunakan fungsi Panorama untuk menggeser horizontal di tempat kejadian dan menangkap seluruh lanskap.

  1. Cara Membuat Photo Tiny Planet

Ini adalah salah satu trik foto-editing yang keren.Anda dapat mengubah foto panorama Anda menjadi bola, efek yang dikenal sebagai Tiny Planet.Kami merekomendasikan  aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk membuat efek ini.

Small Planet (Gratis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *