Cara Mengatasi Masalah Touchscreen Tidak Respond atau Kurang Responsif

By | June 3, 2016

Jika Anda menggunakan ponsel Android mungkin anda telah mengalami masalah dengan layar sentuh yang kurang responsif atau bahkan tidak respon sama sekali.Sebagian besar pengguna akan melihat ini sebagai masalah yang besar dan pada akhirnya menghabiskan uang untuk mengganti layar.Namun, bagi pengguna android yang cukup berpengalaman tahu bahwa ini bukan masalah yang terlalu besar.

touch-not-respond

Oleh karena itu, hari ini saya akan menunjukkan beberapa cara perbaikan yang cepat h yang akan membantu Anda memperbaiki masalah layar sentuh yang tidak berfungsi atau kurang responsif.

  1. Lepas Casing Pelindung Ponsel anda: Kadang-kadang casing pelindung dari ponsel Anda dapat mengganggu sensor dan jika itu terjadi cobalah lepas casing pelindung dan cobalah menggunakan telepon tanpa itu, apabila semuanya sudah berjalan normal,coabalah pasang kembali.
  2. Periksa Wallpaper anda yang banyak menggunakan animasi: wallpaper pihak ketiga (terutama wallpaper hidup) yang Anda download dari PlayStore menyebabkan masalah ini. Oleh karena itu, Anda harus mencoba dan menggunakan wallpaper statis dan melihat apakah masalah ini akan hilang.
  3. Dapatkan Visual Tanggapan: Jika Anda tidak yakin bagian mana dari ponsel tidak responsif maka Anda harus mendapatkan umpan balik visual dari layar. Sebuah umpan balik visual akan memberitahu Anda persis di mana layar merespon sentuhan Anda dengan meninggalkan garis di layar. Namun, untuk memungkinkan umpan balik visual pertama anda perlu melakukan langkah-langkah berikut:

Pertama-tama, pergi ke pengaturan> tentang telepon dan tekan pada “build number” sebanyak 7 kali.

Sekarang, pilihan pengembang akan diaktifkan pada ponsel Anda dan dapat diakses melalui pengaturan> opsi pengembang.

Lalu anda aktifkan “show touches” Caranya pergi ke menu setting>developer options>input>show touches.Anda sekarang akan memiliki sebuah umpan balik visual yang real-time cobalah untuk menyentuh semua bagian layar anada dengan perlahan.Jika Anda tidak mendapatkan umpan balik visual yang baik maka Anda mungkin perlu untuk membawa ponsel anda ke teknisi.

  1. Reset Ulang: jika langkah diatas tidak ada yang berhasil satupun, Maka Anda selalu dapat melakukan reset pabrik dan ini akan memecahkan masalah anda.hal ini bisa jadi disebabkan ada beberapa virus atau bug yang menyebabkan layar untuk berhenti merespons.