Tips dan Trik Mengolah Sebuah File PDF

By | May 3, 2015

PDF-Password-Remover

Sebagian besar dari kita adalah pengguna file PDF. Kita menggunakannya untuk pekerjaan atau untuk hal-hal pribadi lainnya, PDF adalah format yang banyak digunakan , karena file PDF dapat diandalkan, terpercaya, dapat diakses dan juga diadopsi secara global sehingga lebih nyaman bagi orang untuk berbagi dokumen. PDF juga bekerja mulus di antar multi-platform, sehingga pengguna dapat berinteraksi dengan file PDF pada Windows, Mac OS, Android atau iOS.

Tapi bagaimana caranya jika Anda ingin menggunakan file PDF selain untuk pencetakan, berbagi dan membaca. file PDF? Dalam posting ini,kami akan berbagi seputar tips dan trik tentang PDF.

  1. Cara Membuat File PDF Tanpa Menggunakan Adobe Acrobat

Banyak orang mungkin merasa agak sulit untuk men-download Software Adobe Acrobat dan kemudian menggunakannya untuk membuat dokumen PDF. Tapi ada cara sederhana dan mudah lain untuk membuat file PDF tanpa menginstal dan menggunakan Adobe Acrobat. Berikut adalah cara yang berbeda dengan biasanya yang dapat membuat file PDF tanpa menggunakan software:

– Dengan Google Chrome: Caranya, Tekan Ctrl + P (Windows OS) atau Cmd + P (Mac OS) lalu buka jendela pengaturan cetak. Klik ‘Perubahan’ untuk memilih printer dan pilih ‘Save as PDF’ untuk mengubah halaman web ke dalam dokumen PDF.

– Pada Broswers selain Chrome: Anda dapat melakukan ini dengan menginstal CleanPrint , yang merupakan add-on untuk browser seperti Firefox, Internet Explorer, Safari lainnya. Ada pilihan yang berbeda , dengan add-ons ini anda dapat memilih type format seperti , PDF, Text, Email, DropBox, Google Drive dan Google Cloud Print.

– Web Service Online: Anda juga dapat mengkonversi di halaman web yang menyediakan pembuatan file PDF, dengan menggunakan layanan web online dianataranya htmlpdf . Anda juga dapat membuat file PDF menggunakan FreePDFCreator .

– Konversi File: Anda juga dapat membuat PDF dengan terlebih dahulu menciptakan sebuah file menggunakan format file yang paling umum seperti MS Word, PPT, dll dan kemudian conversi file yang menjadikannya ke dokumen PDF dengan menggunakan pdf24 .

2. Cara Meng gabungkan Dua file PDF .

Jika Anda memiliki beberapa file PDF yang ingin Anda gabungkan menjadi satu file, maka Anda dapat melakukannya dengan mudah menggunakan layanan web online seperti foxyutils dan PDFMerge .

Jika Anda tidak mempunyai keneksi internet ke layanan web online maka Anda dapat menggunakan PDF Combine adalah sebuah perangkat lunak untuk menggabungkan file PDF dengan mudah.

3. Cara Edit File PDF

File PDF hanya bisa untuk dibaca, tapi kadang-kadang Anda mungkin ada kebutuhan untuk mengubah atau menambahkan sesuatu yang baru di sebuah dokumen PDF yang sudah ada. Dalam kasus ini, alat-alat seperti PDFzen dan TOUCHPDF cukup berguna. Jika Anda lebih suka menggunakan secara offline, ada NitroPDF dan Foxit , adalah software desktop untuk mengedit file PDF.

4. Cara Men terjemahkan sebuah Dokumen PDF

Jika seseorang mengirim dokumen yang ditulis dalam bahasa Perancis atau bahasa lainnya, jangan khawatir karena Anda dapat menerjemahkannya dengan mudah melalui Google Translate . Google Translate digunakan untuk menerjemahkan teks atau dokumen dari satu bahasa ke bahasa lain.

Anda bisa meng-upload file PDF ke google translate menggunakan tombol browse. Kemudian, pilih bahasa , lalu pada dokumen klik tombol biru ( Translate) untuk hasil terjemahannya anda bisa lihat di sisi kanan halaman.

5. Cara Mengkonversi Sekelompok File ke Format PDF

Mungkin Anda memiliki banyak dokumen, 40 atau 50 dokumen, dan Anda ingin mengkonversi dokumen ini ke dalam file PDF. Anda dapat melakukannya dengan menggunakan 2 metode bisa dengan melakukannya satu per satu (yang bisa sangat memakan waktu) atau dengan mengconfert nya secara keseluruhan. Untuk mengkonversi sekelompok dokumen ke file PDF, Anda dapat menggunakan layanan seperti Peernet dan ExtendOffice .

6. Cara men-Cetak, Membuka dan meng-Copy file PDF yang dipassword ( di Protect, dibatasi )

Katakanlah, Pada sebuah dokumen PDF yang anda download di Internet .dan sekarang Anda ingin meng-copy file pdf tersebut atau mungkin anda ingin mencetaknya. Namun, file pdf tersebut tidak bisa di print atapun di copy, karena dibatasi (di Protect) oleh yang punya.

Anda dapat dengan mudah untuk menghapus sebuah password di file PDF ,dengan menggunakan fitur yang sangat berguna dari aplikasi thepdf untuk menghapus password PDF. Anda juga dapat menggunakan layanan web online yang disebut PDFCrack untuk membuka password di sebuah dokumen PDF.

7. Cara Mengkonversi File PDF ke Format Lain

Pada titik tertentu, Anda mungkin perlu mengkonversi file PDF ke format lain seperti menjadi MS Word, file HTML atau bahkan PowerPoint. Berikut adalah cara yang dapat Anda lakukan :

MS Word: secara online PDF to Word Converter dapat digunakan untuk konversi.

HTML File: Jika Anda ingin mengkonversi file PDF ke file HTML untuk postingan pada blog atau website anda bisa menggunakan convertpdftohtml dan PDFHTML

PowerPoint: Anda dapat mengkonversi file PDF ke format PowerPoint dengan mudah menggunakan PDFConverter . cukup 3 langkah sederhana untuk mengubahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *