Apakah saat ini iPhone Anda menjalankan versi terbaru dari iOS? Pada dasarnya, pembaruan Apple cenderung menawarkan fitur-fitur baru yang keren bersama dengan peningkatan kinerja dan keamanan untuk iPhone atau iPad Anda.

Namun, ada kalanya update iOS tidak berfungsi dengan baik diperangkat Anda. Baik itu ada bug dalam pembaruan itu sendiri atau Anda memiliki perangkat yang lebih lama yang baru saja yang membuat iphone Anda menjadi lambat, efeknya ada beberapa fungsi  tidak lagi berjalan dengan benar, dan Anda berharap Anda dapat kembali ke versi iOS yang lebih lama.

Jangan takut, ada solusinya Anda dapat mendowngrade atau menurunkan versi  ios ke versi iOS tanpa kehilangan data :

1. Backup data Anda terlebih dahulu dengan cara :

– Pegi ke menu  Settings  >Tap Apple ID > Tap iCloud > iCloud Backup > Ok

Tunggu Proses Backup sampai selesai.

Anda juga bisa melakukan backup melalui itunes dengan cara :

  • Hubungkan iphone/ipad ke komputer > buka iTunes> klik icon Device>  pada sebelah kiri di tampilan iTunes > Pilih Summary >pilih Back Up Now

2. Download Versi ios yang Anda inginkan

Pada tahap kedua ini kita Akan mendownload versi ios yang akan kita gunakan untuk downgrade. Misalkan :  saat ini saya menggunakan ios 12.XX dan saya akan mendowngrade ke ios 10 . maka saya akan mendownload ios versi 10 terlebih dahulu, dengan cara :

  • Buka Situs https://ipsw.me/
  • Pada halaman : Chose Product pilih Iphone > Pilih tipe iphone > pilih versi ios > download

Catatan : Jika versi ios tidak tersedia di ipsw Anda bisa download atau cari disitus lain seperti cydia

3. Masuk Ke Mode Recovery

Jika versi os ios sudah selesai di download saatnya masuk mode recovery untuk memulai proses downgrade. Cara masuk mode recovery pada ios/iphone

  • Pertama matikan perangkat, kemudian hubungkan Laptop atau PC Anda. Kemudian lakukan  proses masuk ke recovery dibawah ini :

iPhone 8 atau lebih baru: Tekan dan lepaskan tombol Volume up , tekan dan lepaskan tombol Volume Turun, lalu tekan dan tahan tombol Samping sampai koneksi ke layar muncul tampilan iTunes .

– iPhone 7/7 Plus: Tekan dan tahan tombol Sisi dan Volume Turun hingga koneksi ke layar iTunes muncul.

– iPhone 6s atau lebih tua, iPad, atau iPod Touch: Tekan dan tahan tombol Home dan Atas (atau Samping) sampai koneksi ke layar iTunes muncul.

Setelah perangkat Anda boot ke Mode Pemulihan, iTunes seharusnya terbuka secara otomatis di komputer Anda dan meminta Anda.

  • Tahan tombol  Shift (PC Windows ) atau Option (jika Anda menggunakan Mac) dan klik tombol Restore.
  • Klik Open , kemudian cari file os yang sudah di download tadi
  • Klik Restore
  • Tunggu downgrade sampai selesai.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here