Cara Membuka Link Yang Tidak Bisa Dibuka di Whatsapp

0

Jika Kamu sering menggunakan WhatsApp sebagai media berbagi link,  mungkin Kamu pernah mengalami masalah dimana link yang Kamu terima tidak bisa dibuka. Tetapi ada detail tertentu yang harus Kamu ketahui tentang masalah ini, karena masalah ini bisa disebabkan oleh masalah hal hal yang sepele. Jika Kamu tidak dapat membuka link di whatsapp, biasanya disebabkan oleh beberapa pengaturan dalam aplikasi ponsel Kamu, masalah izin, cache dan masalah lainnya.

Berikut ini adalah Cara Membuka Link Yang Tidak Bisa Dibuka di Whatsapp :

1. Pastikan Kamu Sudah Menyimpan Nomor Kontak

Setiap kali pesan whatsapp yang dikirim antara 2 nomor telepon untuk pertama kalinya, dan apabila kontak tidak disimpan, link atau konten media apa pun secara default tidak dapat diklik. Sepertinya Ini adalah desain keamanan dari aplikasi WhatsApp untuk mencegah spam, dan anehnya ini tidak selalu terjadi.

Jadi untuk solusi pertama ini, pastikan Kamu sudah menyimpan no telp orang yang mengirimkan link ke daftar kontak Kamu.

2. Nonaktifkan Aplikasi Adblocker

Pada sebagian kasus, ternyata aplikasi adbloker dan sejenisnya dapat memicu terjadinya masalah tidak bisa membuka link di whatsapp. Jika Kamu saat ini menggunakan aplikasi adbloker, saya menyarankan untuk menonaktifkannya untuk sementara.

Dan Kamu bisa mengaktifkannya lagi nanti.

3. Gunakan Versi Whatsapp Terbaru

Cek, apakah ada versi whatsapp yang terbaru. Jika ada, segera lakukan update pada aplikasi whatsapp Kamu.

4. Ubah Pengaturan Browser Default

Jika pada ponsel Kamu, ada beberapa browser. Saya menyarankan untuk menjadikan salah satu browser tersebut menjadi browser default. Artinya, ketika ada link yang Kamu buka maka link tersebut akan terbuka pada browser default yang Kamu pilih.

Berkut ini adalah cara mengubah pengaturan default browser :

  • Buka Menu Pengaturan di ponsel Anda > Pilih Aplikasi & notifikasi> Pilih Aplikasi default> Pilih Buka tautan.
  • Selanjutnya pilih dan Pastikan Kamu sudah memberikan izin akeses pada browser untuk membuka link terkait.

5. Update dan Instal ulang System AndroidWebView

Android System WebView memungkinkan aplikasi pihak ketiga untuk membuka link di suatu browser. Jadi, ketika link yang bisa dibuka yang perlu Anda lakukan adalah memastikan bahwa WebView sudah diperbarui. Atau Anda bisa melakukan installasi Ulang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here