Jika saat ini ponsel Anda baik itu Android maupun iPhone , goresan dan retakan pada layar touchscreen memang susah untuk bisa dihindari, apalagi ponsel Anda tidak memiliki pelindung layar. Tetapi jika gores atau retakan memang sudah terlanjur ada, tidak ada salahnya mengetahui cara memperbaiki atau menyamarkan goresan atau retakan tersebut atau setidaknya Anda dapat menghemat beberapa ratus ribu atau juta untuk mengganti layar touchscreen.

Penyebab Utama Layar Touchscreen Retak

Tidak peduli seberapa hati-hati Anda, Anda dapat secara tidak sengaja merusak layar touchscreen ponsel Anda dengan beberapa cara:

  • Terjatuh dengan posisi layar terlebih dahulu
  • Ponsel yang tidak sengaja di duduki pada Anda meletakkan disaku belakang
  • Terkena benda tajam
  • Dan penyebab lainnya

Cara Memperbaiki Layar Touchscreen Ponsel yang Gores dan Retak :

1. Lapis Layar yang gores/ Retak dengan Hydrogel

Anda dapat menggunakan Hydrogel untuk melapisi layar ponsel yang gores ataupun retak, Saat ini sudah banyak pelindung layar yang berbahan hydrogel di jual di Indonesia, Anda bisa membeli pelindung berbahan hydrogel ini di took-toko online. Dengan harga sekitar 20 – 50 rb an.

2. Gunakan Lem berbahan Cyanoacrylate

Dengan menggunakan lem berbahan Cyanoacrylate, dapat menutipi gores dan retak pada ponsel.

Catatan Penting: Untuk melakukan hal ini , Saya sangat menyarankan menonton video tutorialnya terlebih dahulu .

3. Usap Layar yang gores menggunakan Pasta Gigi dan Soda

Untuk keretakan dan gores kecil, Anda bisa mengusap layar menggunakan Pasta Gigi atau Soda, untuk menyamarkan retak/gores.

4. Ganti Layar Anda

Cara diatas dimaksudkan untuk layar ponsel yang mengalami gores atau retak kecil. Jika touchscreen layar Anda mengalami retak atau pecah yang cukup parah dan touchscreen juga tidak berfungsi dengan baik, Saya sangat menyarankan untuk melakukan penggantian layar saja. Anda dapat melakukan penggantian pada service ponsel terdekat atau toko resmi sesuai dengan merek ponsel Anda, guna menghidari barang palsu ataupun KW.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here