Sinyal si HP (Ponsel) Yang Hilang adalah salah satu masalah umum yang dihadapi oleh banyak pengguna ponsel termasuk Android dan dalam artikel ini, kami akan membagikan beberapa solusi yang paling efektif yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah ini. Sebagian besar pembaca situs kami menemukan solusi dan berhasil mengatasi masalah sinyal yang hilang dengan mengikuti solusi perbaikan dibawah ini :

1. Pastikan Kartu atau SIM Card Anda sudah di Aktivasi

Pemerintah sudah mewajibakan melakukan registrasi untuk pengguna kartu baru ataupun yang lama apaun provider yang Anda gunakan. Jadi, pastikan Anda tidak lupa mendaftarkan kartu Anda sebelum menggunakannya.

2. Pastikan Anda Menggunakan Ponsel Legal

Pada tahap kedua ini masih tentang regulasi. Pastikan HP yang Anda gunakan sudah terdaftar secara resmi di Kementerian Perindustrian. Karena jika Anda menggunakan ponsel Black Market atau tidak terdaftar , secara otomatis IMEI Ponsel Anda di Blacklist oleh pemerintah, jika IMEI sudah di blacklist sudah pasti Anda tidak akan mendapatkan sinyal dari provider apapun.

Untuk melakukan pengecekan IMEI HP sudah terdaftar atau belum, baca artikel sebelumnya pada link dibawah ini :

3. Refresh Jaringan Anda

Ok,Sekarang kita sudah memastikan tidak ada masalah dengan aturan dari pemerintah, Sekarang cobalah untuk beralih ke modus Airplane (Mode Pesawat). Fungsi dari Airplane Mode ini adalah untuk melakukan refresh pada jaringan Anda. Terlihat sederhana, namun cara ini paling efektif untuk mengatasi sinyal hp yang hilang.

  • Aktifkan Airplane Mode
  • Tunggu selama 30 detik dan matikan kembali  Mode pesawat.

Catatan : kami juga menyarankan untuk melakukan restart pada ponsel Anda.

4. Memeriksa tray SIM Card

Matikan perangkat Anda dan kemudian keluarkan kartu SIM dari HP anda . Ada kemungkinan bahwa debu yang ada pada ponsel menjadi sebab masalah SIM Card tidak terbaca oleh perangkat android.Cobalah untuk Meniup debu pada Kuningan SIM Card dan bersihkan SIM Card Anda dengan lembut tanpa merusak bagian-bagiannya. Kemudian masukkan kembali SIM Card anda ke perangkat android.Cobalah hidupkan kembali android anda dan Periksa apakah sekarang SIM card anda sudah terdeteksi?

5. Atur Tanggal ke Otomatis

Cobalah untuk mengubah pengaturan jaringan Anda ke Mode jaringan Otomatis.

Cara ini akan memastikan bahwa perangkat Anda dapat secara otomatis terhubung ke jaringan yang tersedia. Misalnya anda menyetting secara manual ke 4G Only, jika nanti anda berpergian ke daerah yang tidak terjangkau oleh 4G maka otomatis  indikator sinyal di android anda akan menampilkan No Signal.

6. Cek masalah dengan sinyal  ponsel

  • Dial *#*#4636#*#*
  • Maka akan tampil menu pengujian
  • Klik informasi telepon / perangkat
  • Jalankan tes ping
  • Pilih GSM Auto (PRL)
  • Klik Matikan radio
  • Hidupkan Kembali

Restart Ponsel Anda

7. Lakukan Encrypting File System

EFS singkatan dari Encrypting File System, file ini berhubungan dengan semua jaringan dan komunikasi android Anda. Biasanya Kesalahan ini muncul karena menginstal ROM (Flash) tanpa memback-up folder EFS terlebih dahulu.

Untuk melakukan Encrypting File System, sudah kami bahas pada artikel sebelumnya pada link dibawah ini :

8. Reset Factory

Jika semua cara diatas belum berhasil, Ada kemungkinan besar masalah pada system operasi ponsel Anda. Disini saya menyarankan untuk melakukan reset pabrik di ponsel Anda. Tapi backup dulu data Anda, karena proses reset ini akan menghapus semua data yang ada ponsel Anda.

Jika semua cara diatas masih belum juga berhasil, tinggalkan komentar pada form dibawah ini, serta melampirkan screenshoot.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here