Listrik Pintar / Token  adalah layanan listrik prabayar yang diberikan PLN untuk pelanggan agar bisa mengendalikan sendiri penggunaan listriknya sesuai kebutuhan dan kemampuan. Sama seperti pulsa isi ulang pada HP/Ponsel , pada sistem listrik pintar, pelanggan terlebih dahulu membeli KWH (voucher/token) melalui ATM berbagai Bank  atau bisa juga  melalui loket-loket pembayaran tagihan listrik online, dan di counter pulsa.

Nomor Token/ Voucer  atau pulsa listrik yang terdiri dari 20 digit angka ini di input melalui ke dalam kWh Meter khusus yang disebut Meteran Listrik  Prabayar (MPB). Pada meteran listrik akan disediakan  sejumlah informasi penting yang langsung bisa diketahui dan dibaca oleh pelanggan terkait dengan penggunaan listriknya, seperti :

  • Informasi  (kWH) yang baru saja di isi (diinput).
  • Jumlah (kWH) yang sudah terpakai selama ini
  • Jumlah energi listrik yang sedang terpakai saat ini
  • Sisa jumlah KWH
  • Dan lainnya

Namun ada beberapa pelanggan PLN yang mengalami beberapa masalah error pada meteran listrik prabayar, salah satunya adalah tidak bisa menginputkan no token / Voucer PLN yang sudah dibeli dan bahkan nomor voucer/token PLN  tidak bisa di tekan sama sekali. Pada artikel ini kami akan membantu Anda bagaimana cara mengatasi masalah tersebut :

  • Pastikan Anda sudah mengerti cara penggunaan meteran listrik yang Anda gunakan.

PLN memiliki beberapa jenis merek meteran listrik yang berbeda, pastikan Anda sudah mengerti dalam pengoperasian meteran listrik yang sedang Anda gunakan saat ini. Jika belum Anda bisa membaca panduannya dibawah ini :

– Panduan Meteran listrik Actaris

– Panduan Meteran listrik Landis Gyr

– Panduan Meteran listrik Itron

– Panduan Meteran listrik Hexing

– Panduan Meteran listrik Star

Catatan : untuk mengetahui merek meteran listrik yang sedang Anda gunakan, bisa dilihat sendiri pada meteran di rumah Anda.

  • Terjadi Masalah Pada pihak PLN

Jika Anda sudah mengerti cara pengoperasian meteran listrik yang Anda gunakan,penyebab error tidak bisa menginputkan no token / Voucer PLN yang sudah dibeli dan bahkan nomor voucer/token PLN  tidak bisa di tekan sama sekali adalah adanya masalah dari PLN .

Cara mengatasinya adalah menghubungi CS PLN pada nomor 123 atau membuka laman Virtual Assist PLN. Dan pastikan Anda sudah mencatat Nomor ID pelanggan Anda sebelum menghubungi  CS PLN.

  • Terjadi Korsleting

penyebab error tidak bisa menginputkan no token / Voucer PLN yang sudah dibeli dan bahkan nomor voucer/token PLN lainnya adalah terjadinya korsleting pada peralatan elektronik Anda. Untuk mengatasinya adalah cabut semua sambungan perangkat elektonik yang tehubung ke listrik, Jika sudah coba ketikkan kembali no voucer/ token PLN. Jika sudah berhasil sambungkan kembali satu persatu peralatan elektronik yang Anda gunakan.

  • Kesalahan dalam memasukkan nomor Token.

Coba ulangi lagi dalam penginputan no voucer

  • Terjadi kerusakan pada Meteran Listirk

Saya menyarankan untuk menghubungi PLN untuk mengatasi masalah ini.

  • Pemakaian Listrik Berlebihan

Coba Kurangi perangkat elektronik yang tersambung ke listrik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here