Cara Mengatasi Kamera Laptop Asus Tidak Berfungsi

0

Bagi kamu pengguna laptop asus, mungkin pernah mengalami masalah kamera tidak berfungsi atau tidak terdeteksi sama sekali, pada artikel ini kami akan memberikan bagaimana cara mengatasi masalah tersebut.

Karena kami kebetulan juga menggunakan laptop Asus dan sempat juga mengalami masalah kamera yang tidak berfungsi ini. Berikut adalah solusi perbaikan yang bisa Anda lakukan untuk memperbaikinya.

1. Pastikan Kamera Laptop Asus Anda Sudah Diaktifkan

Ini adalah masalah sederhana pada windows 10 dan windows 11, Anda perlu mengaktifkan kamera laptop terlebih dahulu. Untuk caranya, Anda bisa ikuti langkah-langkah dibawah ini :

  • Tekan tombol keyboard Windows + i > Kemudian klik dan pilih Privacy
  • di App permissions klik Camera Kemudian set Allow apps to access your camera menjadi On

2. Instalasi Ulang Driver Kamera

Solusi selanjutnya adalah melakukan instalasi ulang pada driver kamera, karena pada beberapa kasus driver yang rusak atau sudah lama tidak di update dapat memicu terjadinya konflik sistem driver.

Anda dapat mendownload driver kamera asus terbaru pada website resmi asus.

3. Jangan Gunakan Aplikasi Kamera Secara Bersamaan

Saat ini banyak sekali aplikasi kamera converence, seperti zoom , google meet dan sejenisnya. Pastikan juga Anda tidak menggunakan aplikasi kamera lainya secara bersamaan karena dapat menimbulkan antar sistem aplikasi kamera.

4. Ubah pengaturan eksposur

Apabila saat membuka kamera muncul layar hitam muncul, kemungkinan ada pengaturan aplikasi mungkin salah.

Jalankan perangkat lunak perekaman Anda> Kemudian buka bagian pengaturan video > Selanjutnya arahkan ke Eksposur dan atur ke Otomatis.

Baca Juga : Cara mengatasi error 0xa00f4244 we can’t find your camera

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini