Cara Mengatasi Video Yang Tidak Bisa Diputar di Google Drive

0

Apakah Anda sering menggunakan Google Drive sebagai media untuk menyimpan video ataupun mengirim video ? Jika ia, mungkin Anda pernah mengalami masalah dimana video yang ada pada google drive tidak bisa diputar. Sekedar informasi, tidak Anda saja yang mengalami masalah seperti ini, akan tetapi cukup banyak banyak pengguna google drive mengeluh tentang tidak bisanya video di putar di google drive. Dan terkadang juga disertai dengan munculnya notifikasi seperti Video ini tidak dapat diputar atau Ups! Terjadi masalah saat memutar kesalahan video ini.

Untuk penyebab masalah, banyak sekali hal yang dapat memicu masalah tersebut. Dan pada artikel ini kami akan memberikan solusi perbaikan kepada Anda bagaimana cara mengatasi Video Yang Tidak Bisa Diputar di Google Drive.

1. Periksa Koneksi Internet Anda

Google Drive adalah media penyimpanan cloud, yang artinya membutuhkan koneksi internet untuk mengaksesnya. Jadi jika Anda mengalami masalah seperti ini pastikan Anda sudah terhubung ke internet dan pastikan juga koneksi internet Anda sudah berjanan dengan stabil.

Untuk meastikanya, Anda dapat melakukan :

  • Merestart Perangkat Anda
  • Mengubah koneksi internet Anda misalkan dari WIFI ke Data atau sebaliknya
  • Nonaktifkan Aplikasi VPN
  • Reset Pengaturan jaringan cara reset jaringan

2. Putar Video Google Drive Menggunakan Media Player Cloud

Jika video google drive tidak bisa diputar , maka Anda dapat memutar video menggunakan media player cloud yang sudah terintegrasi dengan google drive, caranya ikuti langkah langkah dibawah ini :

  • Klik kanan pada video yang tidak bisa diputar kemudian pilih Buka Dengan
  • Kemudian pilih Video Player for Google Drive

Catatan :

Anda juga dapat menggunakan video player cloud lain dengan memilih Hubungkan Aplikasi Lainnya

3. Gunakan Mode Incognito di Browser untuk memutar video Google Drive

Jika error ini terjadi pada aplikasi google drive baik itu di android maupun ios atau terjadi pada browser PC/Laptop. Cobalah untuk menggunakan Mode Incognito saat memutar video google drive.

4. Ukuran Video Anda terlalu Besar

Alasan lain kenapa video tidak bisa diputar di google drive disebabkan karena ukuran video yang terlalu besar, yang kemungkinan besar mengalami masalah saat melakukan buffer.

Jadi, solusi terbaiknya adalah dengan dengan mendownload video terlebih dahulu.

5. File Video tidak di Support Google Drive

Karena ada beberapa format video, ada kemungkinan juga google drive tidak mensupport video yang Anda putar. Untuk memperbaikinya Anda dapat melakukan :

  • Klik kanan pada video yang tidak bisa diputar kemudian pilih Buka Dengan
  • Kemudian pilih Cloud Convert dan kemudian konversi video terlebih dahulu ke format Mp4 atau format lainya.

6. Video Yang di Putar Melanggar Aturan Google Drive

Alasan lainya kenapa video di google drive tidak dapat dipuar adalah karena google mendeteksi video yang Anda miliki melanggar salah satu kebijakan.

7. Hapus Cache, History & Update Browser

Selanjutnya adalah jangan lupa untuk menghapus cache,history browser Anda. Dan pastikan juga Anda sudah menggunakan versi browser terbaru.

Tinggalkan komentar dibawah ini jika semua cara diatas belum berhasil mengatasi masalah video yang tidak bisa di putar di google drive.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here