Web yang kita kenal sekarang ini didukung oleh teknologi yang disebut DNS (Domain Name System). Ini berfungsi menghubungkan server web dengan nama domain situs web yang sesuai. DNS yang membawa Anda ke Google saat Anda mengetik di google.com, jadi seperti yang dapat Anda bayangkan, DNS adalah bagian penting dari infrastruktur internet. Sementara kebanyakan orang hanya menggunakan server DNS default yang disediakan oleh operator atau penyedia layanan internet mereka, server alternatif memang ada.

Seperti DNS public milik google telah menjadi pilihan populer selama bertahun-tahun, dan CloudFlare dengan layanan DNS 1.1.1.1 yang terkenal sangat cepat. Berikut ini adalah cara mengubah pengaturan server DNS di perangkat android Anda.

Cara Setting DNS Pribadi di Ponsel Android Versi 9 atau yang Terbaru

Jika ponsel Android Anda menggunakan versi 9 keatas , yang harus Anda lakukan adalah membuka Menu

  • Buka Settings di ponsel Android Anda > pergi ke Network Settings > Private DNS.
  • Kemudian pilih Opsi Configure Private DNS

Jika Anda ingin Menggunakan DNS 1.1.1.1 maka ketikkan :

1dot1dot1dot1.cloudflare-dns.com

Jika Anda ingin Menggunakan DNS 4.4.4.4 atau 8.8.8.8 maka ketikkan :

dns.google

Cara Setting DNS Pribadi di Ponsel Android Versi 8.1 Kebawah

Pada versi Android 8.1 Kebawah , cara resmi untuk mengubah server DNS ini adalah dengan memasukkannya secara manual di setiap koneksi jaringan Anda (baik Wi-Fi dan seluler).

  • Untuk melakukan perubahan pada jaringan Wi-Fi, buka menu Settings > Network Settings Pilih jaringan Wi-Fi yang Anda ubah DNS nya , tekan lama pada nama jaringan, dan pilih ‘Modify Network
  • Kemudian pada opsi ”IP Settings Biasanya, ini akan terbaca ‘DHCP’. Ubah itu menjadi ‘Static, dan Anda akan dapat menginput secara manual IP DNS yang akan Anda gunakan.

Jika Anda ingin Menggunakan DNS Cloudflare maka ketikkan :

1.1.1.1 dan 1.0.0.1

Jika Anda ingin Menggunakan DNS Google maka ketikkan :

8.8.8.8 dan 8.8.4.4

Jika sudah, tekan tombol Save Untuk menyimpan pengaturan DNS Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here