VoIP (voice over IP) adalah transmisi konten suara dan multimedia melalui jaringan Internet Protocol (IP). VoIP secara historis disebut menggunakan IP untuk menghubungkan private branch exchange (PBXs), tetapi istilah ini sekarang digunakan secara bergantian dengan IP telephony.

Pengaktifan VoIP oleh sekelompok teknologi dan metodologi yang digunakan untuk menyampaikan komunikasi suara melalui internet, jaringan area lokal suatu perusahaan atau jaringan area luas WAN. Endpoint VoIP termasuk telepon VoIP desktop khusus, aplikasi softphone yang berjalan pada PC dan perangkat seluler, dan browser yang mendukung WebRTC.

Berikut adalah beberapa Software atau Aplikasi untuk membangun sebuah Koneksi VoIP :

1. Asterisk

Software Asterisk adalah software pertama dari semua software VoIP dan PBX open source, dan terus beroperasi sampai saat ini. Sebagai platform telepon open source terkemuka, dan dengan daftar fitur yang banyak, Asterisk terus tumbuh setiap tahun, kit alat Asterisk sudah digunakan oleh sebagian besar perusahaan atau intansi di seluruh dunia.

Dikemas dengan fitur-fitur PBX standar termasuk menu respons suara interaktif, distribusi panggilan otomatis, panggilan konferensi, dan pesan suara biasa, Asterisk memungkinkan untuk mengubah komputer mana pun menjadi server komunikasi. Didukung oleh Digium, perangkat lunak ini sepenuhnya gratis dan open source. Untuk membantu Anda memulai membangun VoIP, Asterisk menyediakan pelatihan web langsung, kursus pelatihan online, dan bahkan panduan Asterisk Definitive Guide dari O’Reilly Press. Asterisk hampir dapat dianggap sebagai platform utama dalam mengembangkan VoIP, PBX atau sistem UC.

2. Elastix

Awalnya Elastix berbasis di platform Asterisk, Elastix menawarkan software server komunikasi terpadu open source termasuk IP PBX, email, IM, faks, dan bahkan fungsi kolaborasi. Elastix ini juga menghadirkan fitur dari open source lainnya termasuk FreePBX, HylaFAX, Openfire dan Postfix untuk melengkapi semua penawaran UC yang tersedia.

Secara keseluruhan, Elastix bertujuan untuk menghadirkan fitur-fitur terhebat dari Asterisk dan lainnya, semuanya dalam satu antarmuka yang mudah digunakan. Elastix menawarkan dukungan di berbagai perangkat keras termasuk Digium, Dinstar, Yeastar, Yealink dan Snom. Elastix sebenarnya adalah salah satu distribusi pertama yang menyertakan modul pusat panggilan dengan dialer prediktif, dan terus menawarkan solusi yang kuat, dan semua itu gratis di bawah Lisensi Publik Umum (GNU).

3. FreePBX

FreePBX adalah memberikan antarmuka pengguna grafis berbasis web (GUI) untuk membantu pengguna mengelola dan mengkonfigurasi sistem berbasis Asterisk mereka dengan lebih baik. Untuk system Sementara menggunakan sistem Asterisk, pengguna dapat mengunduh Versi GUI untuk ditambahkan ke sistem yang ada, atau seluruh paket termasuk sistem per-konfigurasi OS, Asterisk, dan GUI FreePBX di atas serta semua yang diperlukan ketergantungan.

4. SIP Foundry

SIP Foundry sering dianggap sebagai salah satu pesaing utama Asterisk, SIPFoundry didirikan pada tahun 2004 dan menawarkan banyak solusi yang sama yang dapat didukung oleh Asterisk. SIPFoundry memungkinkan untuk membangun komunikasi suara dan video Anda sendiri, serta konferensi, perpesanan terpadu, IM dan obrolan dengan indikasi kehadiran, dan bahkan klien seluler. Seperti halnya Asterisk, platform ini mencakup semua yang Anda butuhkan untuk membangun solusi Unified Communications Anda sendiri.

Namun, sementara Asterisk adalah 100% gratis dan open source, SIPFoundry memiliki putaran yang sedikit berbeda, dan menjual dukungan profesional kepada pengguna berdasarkan tarif yang berbeda, mulai dari $ 495 per bulan untuk 100 pengguna, hingga 20.000 pengguna akan dibebankan pada case- dasar kasus per kasus. Sementara biaya tambahan untuk dipertimbangkan, mengadopsi tim dukungan khusus mungkin merupakan langkah yang perlu bagi beberapa bisnis yang ingin membangun sistem mereka sendiri.

5. FreeSWITCH

FreeSWITCH pada awalnya juga berbasis platform Asterisk, dan diciptakan dan dikembangkan oleh tiga pengembang asli platform Asterisk, Anthony Minessale II, Brian West dan Michael Jerris. Dengan fokus pada modulatory, dukungan lintas-platform, skalabilitas dan stabilitas, FreeSWITCH menawarkan salah satu platform paling fleksibel untuk membangun UC suite Anda sendiri. FreeSWITCH mendukung SIP, H.323 dan bahkan WebRTC untuk memanfaatkan kemajuan dalam teknologi, dan dengan mudah mengintegrasikan dan berinteraksi dengan platform PBX open source populer lainnya yang tersedia.

Dalam upaya untuk mengurangi kompleksitas suatu sistem, FreeSWITCH memanfaatkan pustaka perangkat lunak yang tersedia secara bebas yang akan membentuk sebelumnya fungsi yang diperlukan agar sistem Anda berfungsi. FreeSWITCH menawarkan fitur panggilan biasa dan bahkan menambahkan beberapa tambahan seperti pengenalan dan sintesis suara dan bahkan antarmuka PSTN untuk sirkuit analog dan digital.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here