Google Stadia adalah layanan video game cloud yang menawarkan game yang dapat dimainkan di hampir semua layar. Stadia menawarkan opsi berlangganan gratis dan premium, yang keduanya semakin banyak judul dan jenis game yang dapat Anda pilih.

Dengan Google Stadia, Anda dapat bermain game di hampir semua perangkat yang Anda miliki, termasuk PC Windows atau Mac yang menjalankan Chrome dan smartphone Android. Dan dengan Chromecast Ultra (dan perangkat Google TV di masa mendatang), Anda dapat juga memainkan game di TV dengan definisi 4k, tanpa harus memikirkan lagi spesifikasi perangkat yang Anda miliki.

Jadi, jika saat ini Anda tidak memiliki konsol atau PC game yang bagus, atau mungkin Anda sedang bepergian dan ingin bermain di ponsel atau tablet, streaming game ini mungkin patut untuk dicoba.

Game cloud, atau game streaming tanpa perlu salinan, installasi dari game tersebut, layaknya seperti menonton film streaming , Anda cukup login dan memilih game yang akan Anda mainkan. Google Stadia ini membuat game di server jarak jauh, bukan di perangkat lokal Anda. Game itu kemudian dialirkan ke perangkat Anda sementara input Anda pada pengontrol (atau mouse dan keyboard) dikirim ke server, memungkinkan Anda memainkan game tanpa memerlukan konsol sama sekali.

Google Stadia memiliki library game yang terus berkembang, tetapi tergantung pada game apa yang Anda minati. Jika Stadia tidak memiliki game yang Anda inginkan, mungkin ada baiknya mencari layanan streaming yang berbeda, seperti Xbox Cloud Gaming atau Amazon Luna, yang menawarkan judul berbeda.

Yang Anda butuhkan hanyalah akun Google Stadia, koneksi data Wi-Fi / LTE dengan downstream setidaknya 10Mbps, aplikasi Google Stadia dari Play Store, dongle Chromecast Ultra Google (untuk bermain game di TV), ponsel atau tablet Android, atau browser web Chrome di laptop atau desktop.

Anda juga membutuhkan pengontrol. Anda dapat membeli Pengontrol Stadia (seharga $ 70), mouse dan keyboard, atau pengontrol pihak ketiga yang didukung. Pengontrol Microsoft Xbox dan pengontrol DualShock PlayStation 4 Sony berfungsi dengan baik.

Jenis-jenis Game yang ada pada Google Stadia

Semua judul game yang tersedia yang dapat diakses dengan akun Google Stadia dapat ditemukan di library game. Ini semua adalah game yang tersedia untuk dibeli dan yang diberikan kepada pelanggan Google Stadia Pro secara gratis.

Pada November 2020, ada lebih dari 50 video game yang dapat Anda beli, termasuk judul populer seperti Assassin’s Creed: Odyssey, Borderlands 3, Red Dead Redemption 2, dan banyak lagi. Google juga memiliki entri blog yang diperbarui secara rutin untuk game baru saat tersedia.

Berapa Biaya Google Stadia?

Ada banyak perubahan pada paket langganan Google Stadia sejak diluncurkan, tetapi pada saat penulisan, Stadia memiliki dua paket langganan: gratis dan Stadia Pro. Anda dapat menganggap paket Stadia gratis sebagai layanan gratis, dengan judul tertentu tersedia saat Anda mendaftar, ditambah biaya video game. Tidak banyak judul gratis yang dapat dipilih, dan game apa pun yang tidak termasuk dalam daftar judul gratis harus dibeli dari Stadia Store.

Dengan keanggotaan Stadia Pro, Anda membayar $ 9,99 per bulan, dan setiap bulan Anda dapat mengklaim game gratis untuk ditambahkan ke koleksi Anda. Dengan langganan Stadia Pro, Anda dapat memainkan game pada 4K dengan HDR melalui browser web Chromecast Ultra atau Chrome Anda sendiri. Controler Stadia opsional dengan harga $ 70 memungkinkan Anda mendengarkan dan mengobrol dengan headphone Bluetooth Anda (bukan hanya set kabel 3,5mm).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here