Bahasa pemrograman Microsoft Bosque adalah proyek Microsoft Research yang mengembangkan desain bahasa pemograman untuk penulisan kode yang sederhana, jelas, dan mudah untuk dipikirkan baik untuk manusia maupun mesin komputer.

Fitur desain utama dari bahasa Bosque ini menyediakan cara untuk menghindari kompleksitas yang tidak disengaja dalam proses pengembangan dan pengkodean. Hasilnya adalah programmer dapat meningkatkan produktivitas ,kualitas perangkat lunak, dan memungkinkan untuk berbagai kompiler baru .

Contoh kode kecil pada  Bahasa pemrograman Microsoft Bosque adalah :

Penambahan 2 Nomor :

function add2(x: Int, y: Int): Int {
    return x + y;
}
add2(2, 3) //5

Sign :

function sign(x?: Int): Int {
    var! y: Int;
    if(x == none || x == 0) {
        y = 0;
    }
    else {
        y = (x > 0) ? 1 : -1;
    }
    return y;
}

Bahasa ini dirancang untuk meningkatkan produktivitas pengembang dan kualitas perangkat lunak dengan serangkaian kompiler dan pengalaman alat baru. Berikut adalah beberapa fitur penting dari bahasa pemrograman Microsoft Bosque ini :

– Pemrograman fungsional dikombinasikan dengan lingkup blok dan memungkinkan beberapa penugasan untuk variabel yang dapat diupdate.
– Konstruktor Lambda menggabungkan definisi kode untuk body dengan salinan variabel untuk penutupan variabel yang diambil pada pembuatan lambda.
– Fungsi adalah nilai dan tipe kelas satu.
– Semua nilai tidak dapat diubah. Ini membuat pemahaman tentang efek pernyataan atau blok kode disederhanakan ketika efek samping yang bebas.

– String yang diketik menyediakan cara untuk mengangkat struktur yang diketahui tentang isi string ke tipe yang bermakna.
– Anda dapat mengaitkan parameter melalui melewati argumen referensi. Ini akan menyederhanakan situasi di mana variabel dilewatkan ke metode yang dapat menggunakan dan memperbaruinya.
– Operasi aljabar tersedia untuk tipe data, tupel, catatan, dan tipe nominal dan juga untuk operasi yang mencakup proyeksi, multi-pembaruan dan penggabungan. Operasi data aljabar massal dimulai dengan pembacaan massal dan pembaruan nilai data di Bosque.
– Bosque datang dengan dukungan kelas satu untuk mengekspresikan berbagai invarian, pernyataan diagnostik, dan pemeriksaan kewarasan.
– Bosque sedang dalam tahap pengembangan dan para ahli tidak merekomendasikan menggunakannya untuk segala jenis pekerjaan produksi. Namun, ini terbuka untuk percobaan.

Persyaratan Microsoft Bosque

Untuk membangun bahasa diperlukan hal-hal berikut:

  • Sistem Operasi 64 bit
  • node.js ( According to your OS )
  • Typescript (install with: npm i typescript -g)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here