Apa itu UHD/ FHD/ HD di Kamera Ponsel Samsung ?

0

Bagi Anda pengguna ponsel Samsung, mungkin pernah melihat berbagai pilihan seperti UHD 30 FHD 60 FHD 30 dan HD 30 saat akan merekam video. Sebelum kita bahas perbedaan dari semua itu, mungkin ada diantara kita yang belum tau arti Angka di belakangnya. Seperti UHD 30, FHD 60.

Arti angka dibelakang nya adalah hitungan Frame, kalau boleh di artikan UHD 30 = UHD 30 fps (Frame Per Second). Dalam sebuah video ada terdapat banyak frame detik, dan 30 fps adalah kualitas dasar dari sebuah video HD.Makin tinggi fps semakin bagus video yang dihasilkan. Dalam sebuah contoh video gerakan lambat biasanya memiliki lebih dari 120fps.
Jika pada ponsel Samsung kamu, jika memiliki pilihan 60 fps ponsel. Itu artinya ponsel yang Anda miliki, dapat merekam video dengan kualitas 4K .

Lalu Apa Perbedaan Antara UHD/ FHD/ HD ?

Pertama kita Akan membahas apa itu Format UHD
UHD (Ultra High Definition ) memiliki resolusi 3840×2160 Pixel . Yang artinya, terdapat lebih banyak piksel per inci (PPI) pada video yang direkam dengan format UHD . Otomatis format ini akan menghasilakan resolusi yang lebih tinggi dan gambar yang lebih jernih dan tajam.

Kedua, apa itu Format FHD

FHD (Full High Definition) memiliki rosolusi yang lebih rendah dari UHD yaitu 1920×1080 Pixel.
Dan yang paling rendah adalah HD (High Definition) yang memiliki resolusi lebih rendah sekitar 720 Pixel saja.
Untuk lebih detail, Anda bisa lihat gambar dibawah ini :

  • Dari penjelasan diatas dapat kita simpulkan :
  • Diantara format UHD/ FHD/ HD , format UHD adalah format yang memiliki resolusi paling tinggi, yang artinya dengan format ini video yang dihasilkan lebih jelas dan detail.
  • Angka dibelakangnya adalah pilihan fps, artinya makin tinggi fps makin bagus kualitas gambar yang dihasilkan.
  • Semakin tinggi resolusi yang Anda gunakan semakin besar ukuran file yang dihasilkan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini