Apa itu WIFI 7 ?

0

Wi-Fi 7 adalah generasi ketujuh dari WIFI , yang menggunakan spectrum bands 2,4, 5 dan 6-GHz atau dikenal juga dengan EHT (Extremely High Throughput) . Secara teknis dikenal sebagai Institute for Electrical and Electronic Engineering (IEEE) 802.11be.

Wi-Fi 7 ini memiliki kecepatan empat kali lipat total bandwidth yang mampu dilakukan oleh jaringan nirkabel. Untuk potensi bandwidth pada Wi-Fi 7 berkisar antara 30 dan 40 Gbps dan . Kalau ini dibandingkan dengan standar Ethernet 10GBase-T maksimum hanya sebesar 10 Gbps .

Fitur Wi-Fi 7

Meskipun generasi ketujuh dari teknologi Wi-Fi ini tetap dapat berubah dalam beberapa tahun ke depan karena spesifikasi IEEE 802.11be, komponen dan kemampuan utama dari Wi-Fi 7 ini tetap menjadi fokus utama .

Saluran data sebesar 160 MHz yang dimungkinkan di Wi-Fi 6 (alias IEEE 802.11ax) dapat membantu memuaskan para gamer yang intens apabila disandingkan dengan router Wi-Fi 6 . Wi-Fi 7 menambahkan hingga tiga saluran data frekuensi 6-GHz yang masing-masing memiliki 320 MHz dengan kecepatan masing-masing mencapai 2,4 Gbps.

Pada WIFI 7 ini memiliki Multi Link Operation (MLO), yang mirip dengan agregasi operator yang digunakan provider ponsel untuk meningkatkan throughput data dengan menggabungkan kemampuan saluran terpisah. Menurut Intel, MLO dapat meningkatkan kecepatan data tujuh kali lipat dan dapat menurunkan latensi dan meningkatkan ketergantungan karena saluran yang terhubung bekerja secara paralel.

Sementara pada Wi-Fi generasi sebelumnya dapat menangani hingga delapan aliran data independen, Pada Wi-Fi 7 meningkatkannya menjadi 16 aliran spasial. Menggunakan Coordinated Multiuser MIMO (CMU-MIMO), yang merupakan langkah besar dari Multi-User Multiple-Input, Multiple-Output (MU-MIMO).

Namun, teradapat sisi negatifnya juga, diantaranya adalah harga yang harus dibayar lebih mahal jika ingin menggunakan transmisi Wi-Fi 7 , karena router generasi berikutnya mungkin memerlukan antena dua kali lebih banyak untuk menyalurkan semua aliran data masuk dan keluar.

Wi-Fi 7 VS Koneksi Menggunakan Kabel (LAN)

Boleh dikatakan koneksi internet dengan menggunakan kabel hampir selalu lebih cepat dan lebih andal daripada koneksi Wi-Fi Anda. Namun, beberapa orang berspekulasi bahwa koneksi Wi-Fi 7 akan lebih baik daripada kabel.

Ini berpotensi benar hanya jika Anda berbicara tentang kabel Ethernet yang dinilai di bawah Cat-8, yang merupakan kategori kabel Ethernet kecepatan hingga 40Gbps. Kabel UTP Cat-8 ditujukan untuk pusat data, bukan jaringan rumah Anda. Kabel yang disertakan dengan router Anda kemungkinan besar adalah kabel Cat-5 atau Cat-6, dengan nilai tidak lebih tinggi dari 10Gbps. Sementara Wi-Fi 7 akan membawa peningkatan pada pertempuran melawan interferensi dan latensi, seberapa baik kinerjanya masih harus dilihat. Dan tentu saja, kabel Ethernet itu sendiri mengalami pelambatan dan masalah.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini