Tidak mudah untuk menemukan program editor PDF yang benar-benar gratis , yang memungkinkan Anda tidak hanya mengedit dan menambahkan teks tetapi juga mengubah gambar, menambahkan gambar, mengisi formulir, dll. Di bawah ini, adalah daftar aplikasi editor PDF yang bisa Anda gunakan secara gratis.

1. Inkscape

Inkscape adalah editor PDF gratis berbasis desktop (installer) yang sangat populer.
Dalam konteks pengeditan PDF, Saya  mempertimbangkan aplikasi  Inkscape untuk  Anda karena dengan aplikasi ini Anda bisa melakukan menghapus atau mengedit gambar atau teks di dalam file PDF.  Anda bisa Download Aplikasi Inkscape disini

Kelebihan dan Kekurangan:

Kelebihan Kekurangan
Dapat mengedit teks pada filePDFBisa mengedit grafik, Ada tools untuk melakukan pengeditan gambar, Support Windows, macOS, dan Linux Hanya bisa digunakan untuk tiga PDF setiap jam, Maksimal file PDF yang di support hanya 200 halaman, Tidak bisa mengedit file PDF yang berukuran  lebih dari 50 MB

2. Sejda PDF Editor

Sejda PDF Editor adalah salah satu aplikasi editor PDF online yang benar-benar memungkinkan Anda mengedit teks yang sudah ada dalam format PDF. Cara menggunakan Aplikasi Editor PDF online ini cukup mudah.

Anda cukup upload file PDF yang ingin Anda edit> Edit > Download > Selesai

Kelebihan dan Kekurangan:

Kelebihan Kekurangan
Memungkinkan Anda memuat PDF dari situs web lain, Mendukung penambahan hyperlink, Adanya opsi sign, Memungkinkan Anda menambahkan halaman kosong ke PDF, Dapat menghapus halaman dari PDF, Bisa menghapus suatu  bagian halaman, Dapat menyisipkan gambar dan tabel ke PDF, Support  Windows, macOS, dan Linux  

3. PDF-XChange Editor

PDF-XChange Editor menawarkan beberapa tools  yang hebat, tetapi tidak semuanya gratis untuk digunakan.
Namun, jika Anda tetap menggunakan fitur-fitur gratis, Anda masih dapat melakukan beberapa pengeditan pada file dan menyimpannya kembali ke komputer Anda. Jika masa trial sudah habis setiap file yang Anda edit akan di tandai dengan watermark, Saya merekomendasikan aplikasi ini, jika Anda mempunyai biaya lebih untuk membeli lisensi.

Kelebihan dan Kekurangan:

Kelebihan Kekurangan
Menggunakan OCR untuk mengidentifikasi teks dalam PDF, Dapat mengimpor berbagai bentuk dan gambar, Mendukung penambahan kode QR ke PDF, Menawarkan versi portabel Banyak fitur yang memerlukan lisensi, Hanya bekerja dengan Windows

4. FormSwift’s Free PDF Editor

FormSwift’s Free PDF Editor adalah aplikasi editor PDF online yang sangat sederhana yang dapat Anda gunakan tanpa membuat akun .

Aplikasi ini semudah mengunggah file PDF Anda ke situs web dan menggunakan menu di bagian atas halaman untuk dengan cepat melakukan beberapa fungsi pengeditan PDF dasar sebelum mengunduhnya kembali ke komputer Anda.

Setelah selesai mengedit PDF, Anda dapat mengunduh file sebagai file PDF, mencetaknya langsung ke printer, atau menyimpan PDF sebagai dokumen .docx Microsoft Word.

Kelebihan dan Kekurangan:

Kelebihan Kekurangan
Semuanya gratis dan tidak perlu mendaftar, Tidak ada watermarkDapat menghapus atau mengurangi teks dan gambar yang ada dengan ruang putih atau hitam, Memungkinkan Anda memasukkan gambar, Dapat menambahkan teks khusus Anda sendiri ke PDF, Lingkaran, tanda centang, dan ikon “x” dapat ditempatkan di atas teks apa pun, Mendukung penyorotan apa pun pada halaman, Mengetik, menggambar, dan menandatangani dengan mudahBekerja pada OS apa saja Tidak dapat mengedit teks yang ada, Tidak ada tombol undo yang mudah diakses (tetapi Anda dapat menghapus apa yang telah Anda lakukan), Hanya dapat mengunggah PDF dari komputer Anda (bukan dari tempat lain seperti Google Drive atau Dropbox)

5. Microsoft Word 2019 & 2016

Jika Anda sudah menggunakan mucrosoft word versi 2019/2016, Anda bisa abaikan semua aplikasi diatas.

Karena pada microsoft word 2019/2016 sudah menyediakan fitur untuk mengedit file PDF. Caranya cukup mudah :

Klik kanan pada file PDF > Open With > Microsoft Word.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here