Biasanya “Masalah tidak bisa mengirim foto atau gambar melalui Whatsapp, instagram, BBM dan aplikasi lainnya”, ini muncul pada semua perangkat android yang menjalankan sistem operasi Marshmallow, karena pengelolaan hak akses diaktifkan secara default. Lain halnya bagi Anda yang mengguakan ponsel xiaomi , setelah Anda melakukan update ke versi Marshmallow, Anda akan mendapatkan Manajemen izin aplikasi dinonaktifkan secara default, yang berarti bahwa aplikasi secara otomatis diberikan akses ke izin apa pun yang mereka butuhkan. Namun, Sayangnya ada beberapa pengguna Android yang mengalami tidak bisa sama sekali mengirimkan photo / gambar via aplikasi messenger seperti whatsapp/bbm/instagram dan aplikasi lainnya, setelah kami selidiki ada 2 faktor penyebab dari masalah ini yaitu :

  1. Manajemen perizinan Aplikasi .
  2. Konfigurasi Jaringan Proxy.

Lalu bagaimana cara memperbaiki kedua masalah ini ? Anda tidak usah panik, berikut adalah langkah-langkah mudahnya :

1. Mengubah izin aplikasi Whatsapp/Instagram/BBM dan aplikasi lainnya .

Dengan Cara :
– Di ponsel Anda, Pergi ke menu pengaturan > Aplikasi >  Cari Aplikasi (Whatsapp, Instagram, BBM dll)
– Pilih Perizinan Aplikasi
– Kemudian ubah semua Perizinan menjadi “Allow”

Jika sudah coba tes, dengan mengizinkan sebuah photo atau gambar ke pada teman Anda via Whatsapp atau aplikasi lainnya, apakah sudah terkirim ? jika belum lakukan langkah kedua dibawah ini :

2. Menghapus Konfigurasi Proxy pada ponsel Android Anda.

Ada kemungkinan proxy yang Anda gunakan diblokir, untuk menghapus proxy ini cukup gampang. Pergi ke-menu Pergi ke menu Setting -> WIFI> Setelan Lanjutan -> Pada Bagian “Proxy”  set menjadi “No”/ “Tidak Ada”

Atau Anda bisa lihat video dibawah ini :

Banyak pengguna user Android yang mengalami masalah “Tidak bisa mengirim foto atau gambar melalui Whatsapp, instagram, BBM dan aplikasi lainnya” ini berhasil dengan menerapkan langkah-langkah tersebut, bagi Anda yang belum berhasil silahkan isi komentar pada form dibawah, dengan menyertakan Tipe ponsel & Versi Android Anda. Semoga Bermanfaat 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here