Menggunakan torrent adalah salah satu cara paling populer untuk mendownload file melalui web. Ada banyak situs torrent populer. Dan untuk mendownload lebih cepat ada beberapa penyesuaian yang perlu untuk Anda setting. Berikut adalah tips agar mendownload via torrent lebih cepat :

1. Gunakan Klien Torrent yang Ringan

Untuk meningkatkan kecepatan pengunduhan torrent, langkah pertama yang perlu Anda ikuti adalah menginstal klien torrent yang ringan. Meskipun BitTorrent adalah salah satu klien torrent paling populer, Namun BitTorrent hadir dengan banyak aplikasi besar dan fitur lainnya. Jadi, saya lebih suka uTorrent untuk unduhan torrent yang lebih mudah dan lebih cepat. Anda juga dapat menginstal qBittorrent karena itu adalah klien torrent yang cukup ringan.

Alasan untuk menggunakan klien torrent yang ringan adalah karena ia hanya berfokus pada mengunduh torrent dan mempercepat laju transfer. utorrent dan qBittorrent tersedia untuk Windows, Mac, dan Linux.

2. Gunakan Torrent yang Bersih

Bersih dalam artian disini adalah: Anda perlu memahami konsep seeder dan leecher. Kedua istilah ini selalu membingungkan para penggila torrent baru, jadi, di sini saya akan mencoba untuk menghapus keraguan Anda dalam bahasa yang sederhana.

Seeder adalah orang yang memiliki salinan lengkap dari file yang dibagikan di seluruh jaringan yang ingin Anda download . Namun, leecher adalah orang yang tidak memiliki salinan lengkap dari file dan telah bergabung dengan jaringan untuk mendownload suatu file. Setelah leecher mengunduh file sepenuhnya, dia akan menjadi seeder.

Untuk kecepatan unduhan torrent yang tinggi, jumlah seeder harus lebih tinggi dari jumlah leechers. Semakin banyak jumlah seeder, semakin bersih torrent Anda. Jadi, saat memilih torrent, pastikan rasio seeder-leecher tinggi.

3. Tambahkan Pengecualian pada Windows Firewall

Windows Firewall dapat memblokir klien torrent Anda atau Anda bisa saja mengatakan koneksi layanan torrent yang lambat, tapi itu belum tentu. Jadi, menambahkan pengecualian pada firewall Windows akan menjadi opsi yang baik untuk meningkatkan kecepatan download di torrent. Untuk Menambahkan pengecualian di torrent  navigasikan ke menu Options> Preferences> Connections. Sekarang centang kotak Tambahkan Add Windows Firewall exception klik Apply.


*** Catatan : Jangan mematikan Windows Firewall secara permanen karena sama saja membiarkan PC Anda terbuka diserang berbagai virus, spyware dan program jahat lainnya.

4. Ubah Jumlah Koneksi

Kini Anda dapat mengubah jumlah koneksi untuk menghindari kelebihan muatan. Saya dapat menyarankan kepada Anda beberapa angka dasar yang dapat meningkatkan kecepatan download di torrent.

Arahkan ke Menu properties> Bandwidth lalu atur Global maksimum jumlah koneksi ke 150 dan jumlah maksimum peer yang terhubung ke torrent ke 100. Biarkan slot upload pada konfigurasi default.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here