Cara Mengatasi Camera Failed Google Meet

0

Apakah Kamu salah satu pengguna google meet ? Jika ia, beberapa pengguna mengalami masalah camera failed google meet, yang error ini muncul saat menggunakan kamera di Google Meet. Akan tetapi jika kita mencoba untuk menggunakan aplikasi lain, camera berfungsi dengan normal. Jika kamu saat ini juga mengalami masalah seperti ini, ada cara sederhana dan efektif untuk mengatasi masalah ini.

Untuk penyebab masalah, belum tentu ini disebabkan oleh aplikasi google meet. Ada banyak faktor yang menyebabkan masalah ini muncul, seperti masalah izin penggunaan camera di browser, masalah pengaturan, dan masalah seperti ini juga dapat muncul ketika kamu menggunakan aplikasi meeting lainnya secara bersamaan dengan google meet.

Berikut ini adalah Cara Mengatasi camera failed google meet pada PC dan Ponsel :

1. Ubah Pengaturan Izin kamera dan mikrofon Pada Browser

Apa bila masalah camera failed google meet terjadi pada browser di PC/Laptop/ Ponsel Kamu, maka solsui pertama yang harus dilakukan adalah mengizinkan pengguanaan kamera dan mikrofon pada pengaturan browser. Untuk caranya ikuti langkah langkah dibawah ini :

Buka pengaturan browser, pada contoh dibawah ini, saya menggunakan browser chrome.

  • Klik Menu Settings > Privasi and Security > Site Settings
  • Lalu pada bagian Permission Klik Camera
  • Dan pastikan konfigurasi kamera pada Sites can ask to use your camera

Catatan :

Jika Anda membuka situs google meet, dan akan mengkatifkan camera ada keluar notifikasi izin, klik saja Allow/ Izinkan.

2. Aktifkan Kamera di Google Meet Sebelum Mulai Rapat

Ini adalah masalah sepele, Sebelum Kamu akan masuk kedalam rapat, jangan lupa untuk mengaktifkan mikrofon dan kamera terlebih dahulu, pada aplikasi google meet.

3. Keluar Dari Aplikasi Yang Menggunakan Webcam/ Camera

Jangan menggunakan aplikasi meeting dua sekaligus, contoh nya, jika Kamu menggunakan aplikasi Zoom dan Google Meet secara bersamaan, akan menyebabkan masalah pada camera dan mikrofon Kamu. Jadi gunakan salah satu saja. Dan setelah itu restart PC/ Laptop Kamu.

4. Hapus Cache / History / Cookie Browser

Jika ketiga cara diatas belum berhasil, cobalah untuk menhapus cache dan gistory browser Kamu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here