Cara Mengatasi data seluler aktif tapi tidak bisa internetan

0

Data seluler adalah bagian penting pada sebuah ponsel baik itu Android ataupun iphone, Anda dapat bayangkan sendiri bagaimana sebuah ponsel tanpa koneksi internet. Anda tidak bisa mengakes atau mendownload aplikasi, browsing, chating dan lainya.

Belakangan ini banyak terjadi masalah pada ponsel salah satunya adalah data seluler sudah aktif akan tetapi tidak bisa terkoneksi dengan internet.

Masalah seperti ini bisa terjadi pada ponsel merk apapun, untuk penyebabnya bisa mulai dari hal yang sepele, masalah konfigurasi, bug sistem, masalah layanan provider dan beberapa penyebab lainya.

Untuk membantu Anda mengatasi masalah ini, berikut adalah Cara Mengatasi data seluler aktif tapi tidak bisa internetan :

1. Perbaiki Masalah di Ponsel Secara Otomatis

Kita mulai perbaikan dari hal yang sederhana dan mudah terlebih dahulu, jika Anda sudah lama tidak me-restart ponsel Anda, ini bisa jadi pemicunya. Karena salah satu fungsi melakukan restart pada ponsel adalah untuk melakukan perbaikan masalah sistem , bug yang sedang terjadi secara otomatis .

Jadi, jika data seluler di ponsel/ hp Anda sudah aktif , tapi tidak bisa internetan. Cobalah untuk merestart ponsel Anda terlebih dahulu, sebelum melakukan perbaikan lebih lanjut.

2. Periksa Jaringan Anda

Solusi berikutnya dengan melakukan pemeriksaan pada pengaturan jaringan dan status koneksi provider Anda. Yang harus diperhatikan diantaranya adalah :

  • Memastikan kouta internet Anda cukup
  • Memastikan jaringan yang Anda gunakan tersedia, contoh kasus : Jika Anda mengatur jaringan ponsel Anda ke 4G only, jika di daerah Anda tidak tercover jaringan 4G, maka tentu saja Anda tidak bisa internetan . Jadi aturlah ke settingan otomatis (4g/lte/3g/2g) . Jadi, ketika ponsel Anda tidak mendeteksi adanya jaringan 4G otomatis akan dialihkan ke 3G.
  • Pastikan provider Anda tidak ada gangguan
  • Gunakan SIM Card yang sudah diregistrasi
  • Periksa SIM Card

Baca Juga : Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak ada layanan

3. Reset Pengaturan Jaringan di Ponsel Anda

Usaha perbaikan berikutnya ada melakukan reset pada konfigurasi jaringan ponsel Anda, caranya :

  • Pergi ke Menu Pengaturan > Koneksi > Jaringan Seluler > Nama point akses (APN)
  • Klik Opsi lainya (icon titik tiga) kemudian pilih reset default.

4. Hapus Cache Google Play Service

  • Pergi ke menu Pengaturan di ponsel Anda > Aplikasi > Semua Aplikasi > cari dan Pilih Google Play Services ( Layanan Google Play) > Kemudian pilih Paksa Berhenti
  • Setelah itu pilih Penyimpanan dan tekan tombol bersihkan data dan cache

Catatan :

Untuk cara membersihkan cache ini, mungkin berbeda-beda pada setiap ponsel, tergantung dari versi Android yang Anda gunakan.

5. Coba Gunakan SIM Card dari Provider Lain

Cobalah untuk meminjam SIM card teman Anda yang berbeda dengan SIM Card Anda saat ini. Jika ternyata tidak ada masalah dan Anda bisa internetan dengan lancar. Kemungkinan ada masalah dengan SIM Card atau provider Anda saat ini.

Cobalah tanyakan ini ke layanan / call center provider Anda.

6. Hubungi Provider Anda

Jika semua cara diatas belum berhasil, cobalah untuk menghubungi layanan call center provider Anda, dan tanyakan apakah ada gangguan di daerah Anda.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini