Cara Mengatasi Error DirectX function GetDeviceRemovedReason failed with… di Windows 11 dan Windows 10

0

Hampir semua game PC menggunakan fungsi DirectX untuk menjalankan game dengan efektif. Akan tetapi ada beberapa masalah dan kendala yang terjadi pada DirectX ini, salah satunya adalah munculnya notifikasi DirectX function GetDeviceRemovedReason failed with DXGI_ERROR_DEVICE_HUNG.

Umumnya masalah DirectX function GetDeviceRemovedReason failed with ini dialami oleh para pengguna GPU AMD, namun tidak menutup kemungkinan error seperti ini bisa terjadi pada para pengguna Intel dan Nvidia .

Untuk membantu Anda yang sedang menghadapi masalah seperti ini, berikut ini adalah solusi perbaikan yang bisa Anda lakukan untuk memperbaiki masalah error DirectX function GetDeviceRemovedReason failed with di windows 11 ataupun windows 10.

1. Instal Ulang Driver VGA Anda dengan Versi Terbaru

Karena error ini sangat identik dengan masalah driver, solusi perbaikan pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan instalasi ulang pada driver VGA Anda, dan jangan lupa pastikan Anda menggunakan versi driver terbaru.

Terlebih lagi jika error ini terjadi pada windows 11, karena besar kemungkinan ada beberapa sistem file yang tidak kompetibel dengan game, DirectX dan Sistem Anda.

2. Perbaiki Dari System Registry

Solusi selanjutnya adalah meperbaiki dari sistem registry, untuk caranya ikuti langkah langkah berikut :

  • Tekan tombol Windows + R kemudian ketikkan perintah :
Regedit
  • Dan pada regedit arahkan pada direktori :
HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\GraphicsDrivers
  • Buat sebuah file baru dengan cara klik kanan pada tempat kosong pada directory GraphicsDrivers dan pilih New > DWORD (32-bit)
  • Dan buat nama file menjadi TdrLevel
  • Klik dua kali pada file TdrLevel yang baru saja dibuat dan ubah Value Data menjadi 0

Klik Ok dan Restart PC/Laptop Anda

3. Instal Ulang Game Dan DirectX Anda

Apabila error masih saja muncul, solusi selanjutnya adalah dengan melakukan intalasi ulang pada Game dan DirectX Anda, karena kemungkinan besar ada beberapa file sistem yang rusak atau tidak terinstal dengan sempurna.

Catatan :

Pastikan juga Anda sudah menggunakan versi directX yang diminta oleh system requirements game.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini