Cara Mengatasi Layar Ponsel Android Berkedip / Berbayang

Mengapa masalah layar berkedip-kedip / berbayang di ponsel Android muncul?

Alasan utama untuk masalah layar ponsel android yang berkedip-kedip maupun berbayang, adalah bahwa OS/ Sistem Operasi  mengalami masalah dengan perangkat keras GPU atau perangkat lunak CPU. Masalah ini lebih umum terjadi ketika Anda baru saja menginstall suatu aplikasi pada ponsel Android Anda.

Cara memperbaiki masalah layar berkedip dan berbayang di ponsel Android :

Jika masalah tampilan berkedip dan berbayang muncul setelah Anda menginstal banyak Aplikasi, saya sarankan untuk me-restart Ponsel android Anda terlebih dahulu, jika layar ponsel Anda masih berkedip maupun berbayang setelah restart lakukan langkah-langkah perbaikan dibawah ini :

Metode 1: Memodifikasi opsi Pengembang pada menu pengaturan

Terlepas dari semua fitur tersembunyi pada Android  yang ditawarkan pada menu opsi Pengembang , ada beberapa opsi di menu yang dapat membantu Anda memperbaiki kedipan di layar Android. Opsi pengembang memberi Anda kemampuan untuk menonaktifkan opsi seperti Tampilkan pembaruan dan banyak opsi lainnya termasuk dengan masalah layar berkedip dan berbayang di ponsel  Android .  Berikut ini adalah langkah-langkahnya :

– Jika Anda belum mengaktifkan Opsi Pengembang, aktifkan terlebih dahulu pada menu ke Setelan> Tentang ponsel dan ketuk 7 kali di “ Build Number ”

– Pada menu Opsi Pengembang pilih > Disable HW Overlays > Kemudian nonaktifkan menu Show surface updates

Jika Cara diatas sudah Anda lakukan, namun layar Anda masih berkedip dan berbayang kita lanjut ke Metode ke 2 dibawah ini :

Metode 2 :  Ubah Kecerahan Layar

Kecerahan Adaptif Kadang-kadang dapat juga menyebabkan layar ponsel Android Anda berkedip karena masalah cahaya rendah. Jadi, kami menyarankan Anda untuk mematikan kecerahan adaptif. Cukup tarik ke bawah panel notifikasi Anda  dan centang Kecerahan Otomatis / Kecerahan Adaptif.

Jika panel notifikasi perangkat Anda tidak memiliki pengaturan kecerahan otomatis, maka Anda selalu dapat beralih menggantinya di menu pengaturan

Cara me-Nonaktifkan Adaptive Brightness

– Pergi ke Pengaturan >Arahkan ke pengaturan Tampilan > Matikan Kecerahan Adaptif

Metode di atas seharusnya  menyelesaikan masalah Anda. Namun, jika masalah masih berlanjut, silahkan tinggalkan komentar dibawah ini :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *