Cara Mengatasi Masalah Error Please Open My Apps to Establish a Connection with the Server Google Play Store

0

Apakah Anda bisa membayangkan bagaimana sebuah ponsel Android tanpa adanya Google Play Store ? Dengan munculnya masalah ini, sudah dapat dipastikan Anda tidak bisa mendownload dan memasang aplikasi ataupun game di ponsel Android Anda melalui Google Play Store.

Ya, lebih kurang seperti itulah yang terjadi jika Anda mengalami masalah Error Please Open My Apps to Establish a Connection with the Server di Play Store Anda. Masalah ini terjadi umumnya saat Anda mencoba mendownload dan menginstall aplikasi dari Google Play Store dan pada beberapa kasus, masalah ini juga terjadi saat kita menambahkan akun lain di Akun Google.

Untuk membantu Anda mengatasi masalah ini, berikut ini adalah  cara mengatasi Google Play Store Error Please Open My Apps to Establish a Connection with the Server di Semua Ponsel Android.

1. Cek Apakah Play Store Sedang Down

Kita semua mengetahui kalau google play store membutuhkan koneksi internet untuk mengaksesnya. Solusi pertama dan sederhana yang bisa Anda lakukan adalah memastikan google play store tidak sedang dalam perbaikan (down).

Untuk melakukan pengecekan, Anda memerlukan bantuan situs website down detector. Disana Anda dapat melihat informasi, apakah google play sedang down atau tidak.

2. Hapus Akun Google dan Tambahkan Kembali

Beberapa forum mengatakan dengan menghapus akun yang terhubung di google play store dan kemudian menambahkanya kembali berhasil untuk mengatasi masalah ini.

Untuk cara menghapus akun google sudah pernah kami bahas pada artikel dibawah ini:

Cara Menghapus Akun Google di Android

3. Nonaktifkan Aplikasi VPN

Masalah Google Play Store Error Please Open My Apps to Establish a Connection with the Server sangat erat kaitanya dengan masalah jaringan dan koneksi internet Anda. Salah satunya adalah VPN, sebuah aplikasi VPN dapat mengalami masalah.

Untuk memastikan ini, bagi Anda yang menggunakan aplikasi VPN di ponsel Android Anda, cobalah untuk menonaktifkanya untuk sementara.

4. Reset Pengaturan Jaringan Anda

Jika Anda menggunakan koneksi Data, Anda dapat mereset pengaturan jaringan dengan cara :

Pengaturan > Mobile Network > Mobile Data > APN (Access Point Names) > Pilih Reset To default.

Jika Anda menggunakan koneksi WIFI, Anda dapat mereset pengaturan jaringan dengan cara :

Pengaturan> Cadangkan & setel ulang> Jaringan reset dan ketuk pada Reset Settings

5. Restart Modem WIFI Anda

Apakah Anda mengalami error ini hanya pada saat menggunakan WIFI tertentu ? Jika ia, cobalah untuk merestart modem WIFI Anda.

6. Hapus Cache Google Play Service dan Google Play Store

  • Hapus Cache Google Services

         Setting > Application Manager > ALL > Google play services> Clear Cache/data

  • Hapus Cache Google Services Framework

          Setting > Application Manager > ALL > Google play store > Clear Cache/data

7. Reset Pabrik Ponsel Android Anda

Sebelum Anda melakukan reset pabrik, pastikan Anda sudah melakukan backup pada data Anda yang  ada didalam ponsel. Karena proses reset pabrik ini akan menghapus semua data yang ada didalam ponsel Android Anda.

Tinggalkan Komentar dibawah ini, jika semua cara diatas belum berhasil.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini