Lebih dari puluhan ponsel Android keluaran terbaru diluncurkan setiap tahun dan menjadi populer di kalangan pengguna. Banyak ponsel ini dilengkapi dengan banyak fitur baru dan tambahan untuk memberikan pengalaman yang lebih baik kepada pengguna.

Salah satu fitur yang cukup populer di ponsel android ini adalah Fingerprint, yang berfungsi untuk membuka kunci perangkat Anda. Bahkan ada beberapa peluncuran baru yang hadir dengan Display Fingerprint , yang terlihat keren dan merupakan cara termudah untuk membuka kunci perangkat Anda.

Namun belakangan ini, banyak keluhan telah dilaporkan bahwa kunci sidik jari tidak berfungsi dengan benar di perangkat. Nah, alasan yang jelas di sini adalah bahwa sensor tidak dapat membaca jari pengguna dan menciptakan masalah dalam membuka kunci perangkat.

Pada artikel kali ini, kami akan memberitau Anda cara dan metode perbaikan untuk “memperbaiki masalah error yang sering terjadi pada fingerprint”.

Solusi 1 : Periksa Perangkat Biometrik

Solusi pertama dan vital dari kesalahan fingerprint ini adalah memeriksa masalah perangkat keras atau perangkat lunak biometrik. Untuk melakukannya, berikut adalah langkah-langkah untuk melakukannya :

– Pada keypad, ketik “* # 0 *” dan pilih Call
– Setelah itu Anda akan melihat “Menu Diagnostik” akan muncul di layar.
– Dari menu, ketuk opsi “Sensor” dan kemudian ketuk “Fingerprint Scanner”
– Kemudian, lakukan pendeteksian sensor dengan jari Anda dan Anda bisa ikuti intruksi yang diberikan.

Jika pemindai berfungsi dengan baik, maka Perangkat Fingerprint Anda aman, dan itu berarti tidak ada masalah perangkat keras. Tetapi jika pemindai gagal mendeteksi jari Anda, maka itu tidak diragukan lagi , ada masalah di perangkat finger print Anda.

Solusi 2 : Bersihkan Sensor Fingerprint dan Kemudian Restart Ponsel Anda.

Cobalah bersihkan sensor fingerprint Anda dengan tisu atau kapas dengan perlahan, karena dengan adanya kotoran, debu dan air keringat dapat menyebabkan kemampuan membaca pada sensor finger print.

Setelah itu lakukan restart pada ponsel Anda. Seperti yang Anda ketahui, Merestart ponsel adalah solusi pertama yang dilakukan ketika Anda mengalami masalah error pada perangkat Android. Jadi, mungkin itu adalah opsi yang tepat untuk memperbaiki kesalahan yang terjadi dengan sensor sidik jari. Jika perangkat Anda tidak memindai jari pengguna atau tidak berfungsi dengan benar, maka mungkin RAM perangkat Anda kelebihan beban. Untuk mengatasi masalah ini, mulai ulang atau reboot perangkat Anda. Ini penting karena menyegarkan sistem perangkat Anda dan dapat memperbaiki masalah “kesalahan terjadi dengan Sensor Sidik Jari”.

Solusi 3 : Hapus Cache di Aplikasi Sidik Jari (Hanya Untuk Perangkat Android tertentu )

Dengan membersihkan cache dari aplikasi sidik jari , dapat mengatasi masalah error yang sedang terjadi.

Untuk melakukannya:

– Buka “Menu Pengaturan”

– Buka “Aplikasi Manager”

– kemudian cari “fingerprint data” Atau “Finger Print management”

Setelah itu. Cobalah untuk menghapus cache sehingga semua file sampah telah dibuang dan dihapus. Dan Akhiri dengan merestart Ponsel Anda.

Solusi 4 :  Bersihkan Cache Partition di Recovery Mode

Anda dapat membersihkan data cache dari Recovery Mode untuk memperbaiki masalah audio pada ponsel android Anda. Berikut ini adalah caranya :

Matikan Ponsel Anda.

Saat dimatikan, tekan terus tombol Volume UP + Tombol Home + Tombol Daya.

Saat telepon bergetar, lepaskan tombol Daya , namun jangan melepaskan tombol Home dan tombol Volume atas .

Lepaskan semua tombol tersebut saat Anda sudah melihat Menu Mode Recovery.

Tekan tombol Volume Down untuk memilih ” Wipe Cache Partition “.

Tekan tombol Power untuk memilihnya.

Solusi 5 : Lakukan Reset Factory

Jika semua cara diatas belum berhasil lakukan cache factory, jangan lupa untuk membackup data Anda terlebih dahulu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here