Cara Mengembalikan Google Play Store Yang Hilang

0

Ada beberapa penyebab kenapa Google Play Store tidak ada atau hilang di ponsel Anda. Mulai dari tidak sengaja menghapusnya, masalah konfigurasi, pengaturan dan beberapa penyebab lainnya. Sangat wajar jika Anda kuatir bila tidak menemukan play store di sebuah ponsel Android. Karena dengan play store ini kita dapat mendownload berbagai macam aplikasi dan games. Jadi, Anda bisa bayangkan sendiri jika tidak ada google play store ini di ponsel Anda, sudah pasti Anda tidak bisa mendownload dan menginstal aplikasi dan game di ponsel android Anda.

Untuk membantu Anda mengatasi masalah google play store yang hilang ini , berikut adalah beberapa solusi yang bisa Anda lakukan :

1. Mengembalikan Play Store dari Menu Pengaturan Aplikasi

Yang harus Anda ketahui adalah sebenarnya Google Play Store itu sendiri tidak dapat dihapus akan tetapi dapat dinonaktifkan. Dan ketika Anda tidak melihat google play store di ponsel Android Anda , kemungkinan besar Anda tidak sengaja menonaktifkanya.  Dan Anda dapat mengaktifkannya kembali dengan cara berikut :

  • Pergi ke Menu Settings > Aplikasi / Apps
  • Selanjutnya pilih Semua Aplikasi
  • Pada pencarian ketikkan kata kunci Play Store
  • Pada bagian sebelah kanan atas pilih icon titik tiga dan pilih show system

Catatan :

Jika tidak ada opsi Show System Maka Klik Tombol Enable

Setelah itu coba cek kembali google play store Anda, apakah sudah ada ?

2. Instal APK Play Store

Jika cara pertama belum berhasil, Anda bisa melakukan installasi File APK Playstore yang bisa Anda download pada link dibawah ini.

3. Reset Ponsel Anda

Jika cara diatas masih belum juga berhasil, kemungkinan besar ada file sistem dari sistem operasi android atau play store yang rusak. Untuk mengatasinya sebaiknya Anda melakukan reset ulang pada ponsel Android Anda. Caranya Anda bisa pergi ke Menu Setting > Reset > Reset Phone Dan jangan lupa untuk melakukan backup data Anda terlebih dahulu. Karena proses reset akan menghapus semua data yang ada pada ponsel Android Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here