Bagi Anda yang sering menggunakan printer baik itu dirumah maupun di kantor, sebuah kualitas  dari hasil cetakan itu sangatlah penting. Banyak pengguna printer inkjet mengeluhkan tentang kualitas cetakan printer yang sudah cukup lama dipakai. Oleh karena itu, Anda dapat mengikuti beberapa tips sederhana dibawah ini untuk mempelajari bagimana cara untuk meningkatkan kualitas hasil cetakan printer inkjet Anda.

1. Bersihkan dan Lakukan Clean Head Printer Secara Teratur

Masalah umum yang sering terjadi pada printer inkjet adalah nozel tersumbat, debu pada head cartridge, tinta kering, dll. Dan semua tersebut dapat mempengaruhi pada kualitas hasil cetakan printer Anda, tapi hal tersebut  dapat dengan mudah dihindari dengan melakukan pembersihan dan melakukan clean head secara rutin. Khusus pada bagian cartridge gunakan kain lembut dan matikan printer saat membersihkan untuk menghindari kecelakaan listrik.

2. Gunakan Tinta Asli

Saat mengisi ulang tinta printer Anda, Anda harus menggunakan tinta asli dari produsen printer dan bukan alternatif yang murah. Tinta berkualitas buruk tidak hanya akan menurunkan kualitas cetakan, tetapi juga dapat menyebabkan penyumbatan pada cartridge.

3. Lakukan Pencetakan minimal sebulan sekali

Gunakan printer Anda selama beberapa menit setiap bulan untuk menghindari penyumbatan pada cartridge.

4. Cetak dalam Resolusi Tinggi

Hasil cetak terbaik diperoleh saat Anda mencetak dalam resolusi tinggi. Pencetakan dalam resolusi rendah akan menurunkan kualitas cetakan dan terkadang menyebabkan hilangnya informasi dengan gambar yang kabur. Tingkat detail tertinggi hanya dicapai jika Anda mencetak dengan resolusi tinggi. Karena, ada banyak informasi yang harus diproses ketika printer mencetak dalam resolusi tinggi, Anda dapat mengalami waktu pencetakan yang lebih lama. Selain itu, lebih banyak tinta akan dikonsumsi dalam jenis pencetakan ini, tetapi untuk printer tangki tinta, hal ini seharusnya tidak menjadi masalah karena biaya tinta mudah dan terjangkau.

5. Perhatikan Juga Kualitas Kertas

Kertas adalah alas tempat tinta mengikat dirinya sendiri. Kita semua tahu bahwa ada berbagai kualitas kertas yang tersedia di pasaran. Jika Anda menggunakan kertas berkualitas rendah, kemungkinan kusam akan meningkat karena tinta tidak terserap dengan baik dan warna tidak bersinar dengan baik pada kertas semacam itu.

Dan hindari juga menggunakan kertas yang terlalu tipis, karena hasil cetakan printer dapat menembus kertas dan otomatis menyebabkan kualitas yang jelek.

Berita sebelumyaCara Menghilangkan Watermark Video Tiktok di hp Android
Berita berikutnyaCara Menemukan Posisi Parkir Motor dan Mobil Anda Menggunakan Ponsel Android

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here