Ada dua jenis tanda centang di microsoft Excel, kotak centang interaktif dan simbol centang.

1. Kotak centang , juga dikenal sebagai kotak centang, adalah kontrol khusus yang memungkinkan Anda memilih atau membatalkan pilihan, yaitu mencentang atau menghapus centang di kotak centang, dengan mengkliknya dengan mouse. Jika Anda mencari fungsionalitas semacam ini, silakan lihat Cara memasukkan kotak centang di Excel bawah ini.

2. Simbol centang , juga disebut sebagai simbol centang atau tanda centang , adalah simbol khusus (✓) yang dapat dimasukkan ke dalam Cell untuk mengekspresikan konsep “ya”, misalnya “ya , jawaban ini benar “atau” tidak jika salah.

Cara memberi tanda centang di Excel menggunakan perintah Simbol

Cara paling umum untuk memasukkan simbol centang di Microsoft Excel adalah seperti ini:

  • Pilih Cell tempat Anda ingin memasukkan tanda centang.
  • Buka tab Insert > Symbol , dan klik Symbol .
  • Di kotak dialog Symbol ,klik panah drop-down di sebelah kotak Font , dan pilih Wingdings 
  • Beberapa tanda centang dan simbol silang dapat ditemukan di bagian bawah daftar. Pilih simbol yang Anda pilih, dan klik Insert .
  • klik Close untuk menutup jendela Symbol . 

Catatan :

Setelah Anda memilih simbol tertentu di jendela dialog Symbol Excel akan menampilkan kode simbol di kotak kode karakter di bagian bawah. Misalnya, kode karakter simbol (✓) adalah 252, seperti yang ditunjukkan pada screenshot dibawah ini. Mengetahui kode ini, Anda dapat dengan mudah menulis rumus untuk menyisipkan simbol centang di Excel atau menghitung tanda centang dalam rentang yang dipilih.

Cara memasukkan centang di Excel menggunakan fungsi CHAR

Mungkin ini bukan cara konvensional untuk menambahkan tanda centang atau simbol ceklist di Excel, tetapi jika Anda suka bekerja dengan rumus, ini bisa menjadi cara favorit Anda. Jelas, metode ini hanya dapat digunakan untuk memasukkan tanda centang di sel kosong.

Sebelumnya Anda harus mengetahui kode simbol berikut:

Rumus untuk menempatkan tanda centang di Excel adalah :

=CHAR(252) or =CHAR(254)

Untuk menambahkan simbol silang , gunakan salah satu dari rumus berikut:

=CHAR(251)  or =CHAR(253)

Cara Menambahkan simbol ceklist di Excel menggunakan keyboard

Jika Anda tidak terlalu suka menambahkan ceklis dengan rumus , Anda juga bisa menambahkan symbol ceklist dengan keyboardseperti dibawah ini :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here