Mengatasi Masalah Google drive cannot start due to a permission issue in your configuration folder

0

Pada artikel ini , kami akan membantu Anda menangani masalah error “Google drive cannot start due to a permission issue in your configuration folder “ saat menggunakan Google Drive. Dengan munculnya masalah ini , akan menyebabkan  kita tidak dapat mengakses file yang ada di google drive.

Mari kita telaah satu persatu masalah ini secara ringkas, mengidentifikasi penyebab umum, dan tentunya memberikan solusi yang dapat Anda terapkan untuk mengatasi kendala tersebut.

Penyebab Masalah

Untuk penyebab masalah ada beberapa yang bisa memicu terjadinya error ini, seperti :

1. File Sudah Dihapus : Google drive cannot start due to a permission issue in your configuration folder, adalah notifikasi ketika file yang Anda akses sudah dihapus atau diganti namanya oleh pemilik.

2. Kesalahan Konfigurasi: Google Drive gagal diluncurkan karena kesalahan folder konfigurasi, sehingga mencegah pengguna mengakses file yang disimpan.

3. Error Konflik Sistem Pasca Update/Upgrade Windows 11 : Google Drive tidak berfungsi setelah Anda memperbarui ke Windows 11.

Solusi Perbaikan

Solusi Pertama : Hapus Cache Data Windows Anda

Jika error ini terjadi ada aplikasi di Sistem Windows Anda, solusi perbaikanya adalah dengan menghapus cache data pada file sistem windows. Untuk caranya ikuti langkah-langkah berikut :

Pergi ke Direktori :

C:\Users\UserName\AppData\Local\Google\

Kemudian hapus folder DriveFS

Selanjutnya coba akses kembali google drive Anda.

2. Akses Google Drive Dari Browser

Untuk memastikanya Anda bisa mengakses google drive dari browser, dan coba akses folder yang ingin Anda buka.

3. Instal Ulang Aplikasi Google Drive

Solsui berikutnya Anda bisa menghapus dan menginstal ulang aplikasi google drive di PC Anda.

4. Pastikan Keadaan File

Jika semua cara diatas belum mengatasi masalah Anda, kemungkinan file Anda terhapus atau hilang di google drive, untuk mengatasinya bisa ikuti langkah restore berikut ini :

Jika Anda sudah yakin file Anda di Google Drive hilang, jangan panik. Langkah pertama adalah memeriksa folder Sampah untuk memastikan Anda tidak menghapusnya secara tidak sengaja. Jika memang filenya hilang, ikuti langkah-langkah berikut ini untuk mengatasi file Google Drive yang tiba-tiba hilang secara efektif:

  • Periksa Panel Aktivitas: Panel Aktivitas mencatat semua tindakan yang dilakukan di Google Drive Anda, termasuk penghapusan. Tinjau Panel Aktivitas untuk melihat apakah file yang hilang telah dihapus dan oleh siapa.
  • Pulihkan dari Cadangan: Jika Anda memiliki cadangan data Google Drive, pulihkan untuk mengambil file yang hilang.
  • Hubungi Dukungan Google: Sebagai upaya terakhir, hubungi dukungan Google Drive untuk menjelaskan situasinya dan mencari bantuan dalam memulihkan file Anda yang hilang.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini