Melakukan pekerjaan dengan komputer yang lambat memanglah sangat menyebalkan. Dalam posting ini, kami akan memberikan beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mempercepat laptop atau PC Windows 10 Anda yang lambat. Khusus untuk artikel ini, kami akan berfokus pada masalah kinerja sistem. Kami sudah mempraktekkan cara-cara dibawah ini , dan berhasil untuk mengatasi Windows 10 yang berjalan lemot. Apa saja tips nya ? mari kita bahas satu persatu.

1. Tutup program pada System Tray dan Disable Program yang running saat Startup

Cara ini di fokuskan pada komputer windows 10 yang lemot saat startup, sangat mungkin Anda memiliki terlalu banyak program yang running . Item program dan aplikasi dalam System Tray sering diluncurkan saat startup dan kemudian tetap berjalan saat Anda menggunakan komputer windows 10 Anda.

Untuk mengakses item program pada System Tray perhatikan gambar dibawah ini :

Jika ada program yang tidak perlu, klik kanan dan tutup.

Selanjutnya adalah Disable Program yang running saat Startup, Caranya :

  • Buka Taskmanager (klik kanan pada taskbar kemudian pilih Task manager)
  • Jika taskmanager sudah terbuka klik pada tab Startup. Disable semua program startup dengan cara : Klik Kanan pada salah satu program > klik Disable. Lakukan cara tersebut pada setiap program pada tab startup.
  • Restart Kompter Anda.

2. Hapus file yang tidak perlu di Drive C

Sama seperti lemari dan laci yang di isi terus menerus yang akan membuat berantakan, bedanya dengan komputer adalah Anda tidak bisa melihatnya, namun bisa merasakannya salah satunya adalah kinerja yang lemot. Ini terutama jika Anda berurusan dengan banyak file besar, seperti gambar beresolusi tinggi, file audio, dan video, setiap hari. Kami menganjurkan untuk tidak mengisi Hardisk pada drive C hingga lebih dari 75% dari kapasitasnya.

3. Update Windows 10 & Driver

Jangan biarkan update pada Windows 10 menumpuk, dengan mengupdate tidak hanya soal keamanan, karena tentu saja akan membuat system Windows 10 Anda menjadi lambat. Hal ini sering terjadi pada Anda yang sering menonaktifkan System Update.Memang Anda akan lebih hemat kouta kalau menjeda update. Tapi salah satu akibatnya adalah Komputer Windows 10 Anda menjadi lambat/lemot.

4. Hilangkan Efek Animasi

Salah satu yang membuat windows 10 lemot adalah Animasi, nonaktifkan animasi untuk mendapatkan performa yang lebih baik. Caranya :

  • Pergi ke Menu Control Panel > System
  • Pilih Advanced System Settings > Advanced > Setting > Adjust for best performance

Kemudian klik Apply dan Klik OK

5. Cari dan Perbaiki masalah pada Windows 10

Jika Komputer Windows 10 Anda lebih lemot dari biasanya, pasti ada sesuatu yang tidak beres. Windows 10 memiliki fitur performance troubleshooter  bawaan yang dapat membantu Anda menemukan dan memperbaiki masalah yang mungkin mempengaruhi kecepatan PC Anda. Untuk membuka pemecah masalah, pergi ke Control Panel > Security and Maintenance > Maintenance > Start Maintenance

6. Nonaktifakan Fitur Get tips, tricks and suggestions


Dalam upaya membantu, Windows 10 terkadang akan memberi Anda panduan tips tentang cara memaksimalkan OS. Sebuah proses yang dapat memiliki sedikit dampak pada kinerja. Untuk mematikan fitur ini, buka Start > Settings > System > Notifications & actions dan nonaktifkan  Get tips, tricks and suggestions

7. Sesuaikan opsi daya Anda

Windows 10 dilengkapi dengan beberapa fitur pengaturan daya yang telah ditentukan untuk memenuhi kebutuhan Anda. Standarnya diatur ke Balanced, yang memperhitungkan kinerja dan konsumsi energi. Tetapi tidak pada kecepatan. Karena itu, Anda mungkin perlu mengubah pengaturan daya pada windows 10.

Caranya : Control Panel >Hardware and Sound >Power Options >Create a power plan

Untuk kinerja yang lebih baik, pastikan Anda menggunakan pilihan High Performance  .

8. Restart Komputer Anda

Setelah semua cara diatas dilakukan, jangan lupa untuk merestart komputer Anda terlebih dahulu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here