Apa itu Bahan Thermoplastic Polyurethane (TPU) ?

0

Thermoplastic Polyurethane (TPU) dalam bahasa Indonesia kita menyebutnya Poliuretan Termoplastik adalah bahan sintetis yang terbuat dari polimer sintetis dengan daya tahan dan fleksibilitas yang tinggi. Bahan TPU ini juga kita sering dengar pada spesifikasi Ponsel , Laptop , Otomotif, Kabel dan perangkat elektronik lainya.

Thermoplastic Polyurethane (TPU) ini memiliki sifat dan karakter seperti perpaduan antara plastik dan karet. Dengan adanya sifat termoplastik maka menjadikan bahan TPU ini memiliki keunggulan , seperti: Kekuatan yang sangat baik, Tahan terhadap cuaca, tidak menguning, tahan terhadap goresan dan beberapa keunggulan lainya.

Bahan Thermoplastic Polyurethane (TPU) Juga Tahan Terhadap Sinar Matahari

Ketahanan bahan TPU terhadap sinar UV / sinar matahari juga sudah teruji. Dimana, hasil uji coba menunjukkan stabilitas yang baik terhadap radiasi ultraviolet dan dengan demikian stabilitas warna juga dapat dipertahankan dengan baik, Oleh sebab itulah OEM mengandalkan ketahanan gores & kinerja UV TPU yang tinggi sebagai salah satu spesifikasi keunggulan produk mereka.

Penggunaan Bahan TPU Pada Printer 3D

Pada saat ini dengan bahan TPU sudah dapat diaplikasikan pada printer 3D dengan beberapa teknologi untuk mencapai properti tertentu. Printer 3D (3Dimensi) dapat melelehkan dan mengeluarkan filamen TPU untuk membuat bagian yang fleksibel seperti pembuatan kasing, segel, sarung tangan, dan lainnya.

Namun, dibalik keunggulanya ada beberapa kelemahan penggunaan printer 3D dengan bahan TPU ini, salah satunya adalah dapat menyebabkan beberapa kesulitan saat melakukan proses print  yang terkadang macet, terjadinya penyumbatan pada nozzle. Namun, masalah tersebut dapat diselesaikan dengan kalibrasi dan pengaturan yang baik pada printer 3D.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini