Apa itu Format File WebP?

Format WebP (diucapkan Weppy) adalah wadah format video WebM , berdasarkan codec video VP8 yang dikembangkan oleh On2 Technologies yang dirilis oleh Google. Google mengakuisisi On2 Technologies pada 19 Februari 2010, lalu merilis WebP pada bulan September ditahun yang sama.

Dengan mengurangi ukuran 60% -65% byte format WebP pada sebagian besar halaman web menjadi gambar, Google mulai membuat format file sumber terbuka gratis yang menyimpan format kompresi lossy dan lossless dalam kualitas tinggi. Artinya Format WebP  tetap menjaga kualitas gambar tapi bisa mengurangi ukuran gambar, hasilnya suatu halaman website yang menggunakan gambar berformat WebP dapat memuat gambar lebih cepat, menghemat bandwidth, dan menghemat daya baterai  terutama pada ponsel .

WebP menggunakan kompresi prediktif untuk menyandikan gambar yang memeriksa nilai di blok piksel yang berdekatan untuk memprediksi nilai dalam blok, dan kemudian hanya menyandikan perbedaan di antara mereka. Ini memungkinkan piksel untuk disalin beberapa kali di seluruh file tunggal, dan data yang berlebihan akan dihapus dari setiap blok. Dan hanya menyimpan data yang berubah di antara setiap blok yang dapat mengurangi ruang penyimpanan dibandingkan dengan format PNG dan JPEG. Anda dapat mempelajari lebih lanjut bagaimana cara merubah format gambar ke WebP dan tentang cara kerja WebP lebih lengkap  diwebsite resminya disini.
Gambar berformat WebP 26% lebih kecil dari file PNG dan 34% lebih kecil dari file tanpa menghilangkan kualitas.

Bagaimana Cara membuka File berformat WebP di komputer atau di smartphone?

Karena WebP dikembangkan oleh Google dan bebas royalti, ia telah diintegrasikan ke dalam banyak aplikasi dan perangkat lunak yang mungkin sudah Anda miliki di komputer Anda. Sebagian besar browser web sudah memiliki plugin yang diperlukan untuk menangani format WebP.

Gambar WebP dirancang khusus untuk website dan hampir tidak dapat dibedakan dari JPEG dan PNG. Anda dapat menyimpan gambar WebP ke komputer Anda dengan cara yang sama seperti Anda melakukan gambar lain di internet yaitu :

– klik kanan gambar dan klik “Save Image As.”

– Pilih dimana Anda akan menyimpan file WebP di komputer Anda, lalu klik “Save”

Anda dapat membuka dan mengedit file WebP menggunakan software grafis gratis, seperti GIMP, ImageMagick, atau Microsoft Paint, yang secara asli membuka file WebP secara default. Pada Windows, klik kanan gambar, arahkan ke “Open With,” lalu pilih program yang ingin Anda gunakan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here