Apa itu HDR dan kapan kita harus menggunakannya pada sebuah ponsel ?

HDR. Ketiga huruf kecil yang hadir dalam banyak aplikasi kamera pada sebuah smartphone, tetapi Anda mungkin tidak mengerti apa yang mereka wakili. Jika Anda masih awam tentang apa itu HDR, atau hanya ingin belajar tentang kapan waktu yang terbaik untuk menggunakan fitur tersebut, bacalah artikel dibawah ini :

Apa itu HDR?

Dalam dunia fotografi, rentang dinamis adalah perbedaan antara unsur-unsur gelap dan terang pada sebuah gambar. High Dynamic Range, atau HDR, adalah proses yang meningkatkan jangkauan dinamis ini, hingga melampaui apa yang sebenarnya dapat ditangkap oleh lensa smartphone Anda.

Meskipun tujuan akhir dari HDR adalah untuk membuat gambar lebih mengesankan, itu bukan berarti fitur HDR harus digunakan untuk setiap anda mengambil foto. Di bawah ini, kami telah menyoroti kapan penggunaan terbaik untuk menggunakan fitur HDR pada sebuah kamera ponsel, serta cara kerjanya dalam praktek.

Perbedaan Sebuah Gambar HDR dan Tanpa HDR

perbedaan hdr

      Tanpa HDR                                               Dengan HDR

Bagaimana HDR bekerja?

Ketika Anda mengambil foto dengan fitur HDR yang diaktifkan, kamera menangkap beberapa gambar secara berurutan dengan nilai eksposur yang berbeda. Perangkat lunak kamera smartphone kemudian menggabungkan gambar-gambar ini menjadi satu foto yang mempertahankan detil dari yang paling gelap dan daerah yang paling ringan.

Kapan Anda harus menggunakan Fitur HDR?

1. Ketika anda Mengambil Photo landscape

Pencahayaan adalah salah satu aspek yang paling penting dari foto yang baik, tapi di luar ruangan, sinar matahari dapat menyebabkan hasil sebuah photo terlalu kontras. HDR bisa menyeimbangkan perbedaan ini.

2. Ketika Anda mengambil photo dengan kontras tinggi

Beberapa foto terlihat lebih baik dengan kontras yang kuat antara area terang dan gelap. Menggunakan HDR akan mengurangi kontras ini, sehingga efeknya kurang jelas. Jika itu bukan apa yang Anda inginkan dari gambar akhir, jangan gunakan fitur HDR.

3. Adegan dengan warna yang hidup

Jika Anda sedang berhadapan dengan warna-warna yang sudah sangat hidup, HDR dapat membuat mereka terlihat norak. Hati-hati untuk menggunakan fitur HDR dalam sebuah  saturasi warna.

  1. Jaga Keseimbangan Tangan Ketika Mengambil sebuah photo dengan Fitur HDR

Saya Hanya ingin mengingatkan anda untuk menjaga keseimbangan tangan yang mantap ketika Anda menggunakan fitur HDR. Kalau tidak jangan kecewa dengan hasil photo yang anda dapatkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *