Apa itu NCP dan LCP ?

0

NCP adalah singkatan dari Network Control Protocol, merupakan seperangkat protokol yang membentuk bagian dari Point-to-Point Protocol (PPP).

Sedangkan LCP singakatan dari Link Control Protocol , adalah bagian dari Point-to-Point Protocol (PPP) yang beroperasi pada lapisan data link. Ia juga bertanggung jawab untuk membangun, mengkonfigurasi, menguji, memelihara dan mengakhiri link untuk transmisi.

Berikut ini adalah Penggunaan LCP dan NCP pada link PPP di jaringan TCP / IP:

  • Sistem PPP sumber (pengguna) mengirimkan serangkaian pesan LCP untuk mengonfigurasi dan menguji tautan serial.
  • Kedua ujungnya bertukar pesan LCP untuk menetapkan opsi tautan yang akan digunakan.
  • Sistem PPP sumber mengirimkan serangkaian pesan NCP untuk membuat protokol Lapisan Jaringan (mis., IP, IPX, dll.).
  • Paket dan bingkai IP untuk protokol lain yang dikonfigurasi dikirim melalui link
  • Pesan NCP dan LCP digunakan untuk menutup tautan dengan cara yang anggun dan terstruktur.

Link Control Protocol (LCP) mengimplementasikan semua fungsi kontrol yang bekerja, terlepas dari protokol Layer 3 yang dienkapsulasi oleh PPP. Semua fungsi khusus untuk protokol Layer 3 dilakukan oleh Network Control Protocol (NCP) khusus untuk protocol terkait, seperti IP Control Protocol (IPCP) untuk Internet Protocol (IP). PPP menggunakan satu instance LCP untuk link PPP sementara satu instance NCP digunakan untuk setiap protokol Layer 3 yang ditentukan pada link tersebut. Misalnya, link PPP yang menggunakan IPv4, IPv6, dan Cisco Discovery Protocol (CDP) akan menggunakan satu instance LCP plus IPCP untuk IPv4, IPv6CP untuk IPv6, dan CDPCP untuk CDP.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here