Bagaimana memilih kartu microSD yang tepat untuk ponsel Android Anda?

Seberapa baik kinerja kartu microSD tergantung pada kelas dan kecepatannya, serta kemampuan telepon Anda. Di sini, kami memberitahu Anda segala sesuatu yang perlu Anda ketahui untuk membantu Anda memilih kartu microSD terbaik untuk perangkat Android Anda.

Pertama, pastikan perangkat android Anda mendukung kartu microSD

Sayangnya, seperti yang telah disebutkan di atas, banyak smartphone tidak memiliki slot microSD dan pihak pabrikan sudah mengklaim di kartu penyimpanan internal sudah cukup untuk menyimpan data dari sipengguna. Dan meskipun dari sudut pandang kami ini tampaknya konyol kami tetap mereferensikan perangkat android anda memiliki slot untuk kartu microSD.

Untuk memastikannya Anda dapat memeriksa perangkat Anda dan melihat apakah ada slot microSD. Jika perlu, lihat kembali panduan manual ponsel .

Apa perbedaan antara SDHC dan SDXC mikro?

Ketika membeli kartu microSD, Anda akan dihadapkan beberapa jenis kartu micro yaitu SDXC mikro atau kartu SDHC. Perbedaan antara kedua format microSD ini hanyalah pada jumlah data yang mereka dapat simpan. SDHC (Secure Digital High Capacity) menyimpan hingga 32GB data, sedangkan SDXC (Secure Digital Extended Capacity) dapat menampung hingga 64GB bahkan lebih.

Banyak perangkat android yang lebih rendah-end tidak mendukung kartu microSD SDXC, jadi penting bahwa Anda memeriksa kembali kompatibilitas ponsel Anda sebelum membeli sebuah kartu microSD. Kebanyakan kartu SDXC berkapasitas 128GB, namun pada bulan Maret 2015, Perusahaan Sandisk mengungkapkan mereka telah membuat kartu berkapasitas 200GB microSD SDXC.

Apa ‘kelas’ berarti pada kartu microSD?

Yang perlu anda ketahui kartu MicroSD datang dalam beberapa kelas yang berbeda – Kelas 2, 4, 6 dan 10. Lalu apa bedanya ? mari kita lihat tabel dibawah :

Kelas kecepatan SDHC dan SDXC
Kelas kecepatan minimum
2 2 MB / s
4 4 MB / s
6 6 MB / s
8 8 MB / s
10 10 MB / s

Apa itu UHS pada kartu micro SD?

micro-sd

Sejak 2009, kartu microSD tertentu juga ada tipe UHS-1 atau UHS-3-kompatibel. Sementara di UHS teori kartu dapat mencapai kecepatan transfer data hingga 312 MB / s, Realistisnya ini hanya menginformasikan untuk mencapai kecepatan transfer minimum yang tercantum di bawah ini, karena tidak ada smartphone saat ini yang mendukung standar UHS. Dengan demikian, UHS akan membuat sedikit perbedaan dengan kecepatan dikartu micro SD Anda pada saat ini.

Kelas kecepatan UHS
kelas UHS kecepatan minimum
1 10 MB / s
3 30 MB / s

Apakah ada kartu microSD yang lebih baik untuk mempercepat sebuah perangkat android ?

Pertanyaan yang paling penting adalah apakah memilih satu kartu microSD diatas yang lain akan meningkatkan kinerja pada ponsel Anda, Jawaban singkatnya adalah ‘Ya’.

Jika Anda menyimpan aplikasi dan foto pada kartu microSD, Maka kecepatan yang lebih tinggi dari sebuah kartu micro SD juga akan mempengaruhi kecepatan dari menyimpan foto atau file lainnya. Ilustrasinya bagini : “Saat anda memilih settingan kamera android yang penyimpanan defaultnya adalah memori eksternal, maka kecepatan sebuah Kartu perlu anda pertimbangkan” , meningkatkan kecepatan transfer data ketika memindahkan file antar perangkat, dan aplikasi terbuka disimpan pada Anda kartu micro SD lebih cepat. Perhatikan bahwa membuka aplikasi di kartu microSD mungkin sedikit lebih lambat daripada jika Anda menyimpannya di memori internal ponsel Anda, karena ada lapisan tambahan komunikasi antara telepon dan kartu micro SD yang perlu dilakukan oleh sistem.

Kesimpulan

Seperti yang Anda lihat, ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan ketika membeli kartu microSD, dan mudah-mudahan panduan di atas akan memberikan gambaran yang tepat untuk membeli sebuah memori MicroSD. Anda juga bisa menempel merek terkemuka untuk memilih sebuah kartu microSD, seperti SanDisk, Samsung dan Kingston. Gunakan harga merek ini sebagai pedoman juga – jika Anda melihat kartu microSD dari perusahaan lain yang lima kali lebih murah dari ini, maka Anda harus waspada terhadap kualitasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *