Cara Mengatasi Aplikasi yang tidak bisa dihapus di Android

Mendownload suatu aplikasi Android adalah esuatu yang mudah dilakukan – Anda cukup mencari aplikasi yang ingin Anda pasang di Play Store, tekan tombol “Install”  Selesai . Namun tidak begitu mudah menghapusnya kembali . Karena ada beberapa masalah yang disebabkan oleh suatu pengaturan maupun kesalahan sistem, sehingga menyebabkan tidak bisanya menghapus  suatu aplikasi di Android. Jika saat ini Anda sedang mangalami masalah tidak bisa menghaspus suatu aplikasi/ game di Android, berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa Anda lakukan :

1. Cek Izin Aplikasi

Jika Anda tidak bisa menghapus suatu aplikasi di Android  , hal yang pertama yang Anda lakukan adalah coba periksa izin Akses Aplikasi tersebut .

Soalnya, tidak semua aplikasi dibuat sama. Beberapa aplikasi memerlukan hak yang istimewa, sementara yang lain memerlukan akses ke fungsi dan basis data tertentu di ponsel Android Anda, agar berfungsi dengan baik. Beberapa aplikasi bahkan memerlukan akses sebagai administrator – Dalam beberapa kasus belakangan ini , Anda tidak dapat menghapus suatu aplikasi tanpa mengubaht akses administratornya terlebih dahulu.

Untuk menonaktifkan akses administrator dari suatu aplikasi, Anda bisa membuka menu Pengaturan > cari “Keamanan” dan buka >”Device Administrator”. Lihat apakah aplikasi yang tidak bisa dihapus tadi mempunyai akses Administrator ?  Jika ya, nonaktifkan izin aplikasi. Setelah itu barulah Anda bisa menghapus Aplikasi tersebut.

2: Aplikasi yang Akan Anda hapus adalah bloatware atau bagian dari sistem Android

Dalam kebanyakan kasus, aplikasi ini tidak dapat dihapus pemasangannya karena diberi label sebagai bagian dari sistem operasi.

Anda memiliki beberapa pilihan untuk menghapus aplikasi tersebut . Salah satunya adalah dengan menonaktifkan aplikasi yang dimaksud. Ini secara otomatis akan mematikan dan mencegah untuk membuang sumber daya sistem lain selain ruang penyimpanan ponsel. Ini bisa dilakukan dengan cara , buka pengelola aplikasi di menu Setelan – lihat apakah aplikasi memberi Anda opsi “Nonaktifkan” atau “Matikan”.

Anda juga harus tahu bahwa ketika ponsel Android sudah di root, maka akan memungkinkan untuk menghapus semua aplikasi apa pun itu , bahkan aplikasi sistem Andoid pun bisa Anda hapus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *