Cara Membuka File Berformat ODT Tanpa Aplikasi

0

Apa itu File ODT ?

Apakah Anda pernah dikirim file dengan format .ODT oleh teman Anda? File dengan format .odt adalah sebuah format file Dokumen dari aplikasi OpenOffice dan LibreOffice Writer. Dimana fungsi dari aplikasi ini adalah sama dengan aplikasi pengolah kata lainnya Microsoft Word. Sedangkan ODT sendiri adalah bagian dari standar Open Document Format (ODF), juga dikenal sebagai OpenDocument. File-file ini pada dasarnya kompatibel dengan aplikasi pengolah kata umum lainnya seperti Microsoft word, atau belakangan ini kita juga mengenal dengan google doc.

Bagaimana Cara Membuka Cara Membuka File Berformat ODT ?

Setiap pc/laptop windows pada umumnya sudah ada Microsoft office, dan Anda bisa menggunakan Microsoft word untuk membuka file dengan format ODR. Untuk caranya cukup mudah, Klik kanan file dengan berformat .odt > open with > Microsoft Word

Akan tetapi, akan ada sedikit perubahan kompatibilitas yang berubah, seperti perubahan font dan pengaturan spasi , posisi huruf dan sebagai macamnya.

Dan untuk mengantisipasi masalah perubahan format isi dalam file, Anda bisa melakukan penggantian format atau melakukan konversi dari format ODT ke format docx/ doc (Microsoft word)

Untuk caranya juga cukup mudah dan tanpa menggunakan aplikasi apapun.

Berikut adalah langkah langkah mengubah format file odt ke docx/doc (Microsoft word)

  • Anda cukup buka Klik kanan file dengan berformat .odt > open with > Microsoft Word
  • Kemudian klik File > Save as >
  • Pilih format docx pada save as type docx
  • Selesai, format odt sudah menjadi docx.

Anda juga dapat membuka file dengan format ODT di ponsel android dengan cara yang sudah kami bahas pada artikel dibawah ini :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here