Cara Memperbaiki Baterai Laptop tidak bisa di Charger (Plugged In Not Charging)

Windows adalah salah satu sistem operasi yang paling banyak digunakan di dunia. Tapi itu tidak sepenuhnya bebas dari sebuah kesalahan atau error pada sistem operasi ini. Belakangan ini pengguna yang menanyakan masalah tentang baterai laptop “ saat charger laptop sudah dipasang, namun indikator baterai pada windows tetap menunjukkan tidak di cas “Plugged In Not Charging”. Masalah ini merupakan kesalahan yang sangat umum bagi pengguna windows. Baik itu Pada Windows 10, 8 dan 7.

Setiap kali kesalahan ini terjadi, ikon pengisian menunjukkan laptop Anda terpasang namun adaptor tetap tidak mengisi baterai laptop. Ada juga beberapa pengguna sama sekali  tidak dapat melihat ikon pengisian apapun. Anda hanya bisa melihat status baterai laptop Anda berada pada posisi 0%. Jika Anda juga menghadapi kesalahan ini di laptop windows Anda maka Anda tidak perlu khawatir. Anda dapat dengan mudah memperbaiki kesalahan ini di rumah Anda sebelum Anda membawanya ke tempat service.

Sebelum memperbaiki kesalahan ini Anda perlu tahu mengapa masalah ini terjadi di laptop windows Anda. Ada banyak alasan untuk kesalahan ini terjadi di laptop Anda. Jadi sangat sulit untuk mengatakan alasan mana yang menyebabkan masalah ini muncul di laptop windows anda.

Alasan pertama untuk terpasang dalam pengisian tapi tidak kesalahan pengisian adalah masalah sistem operasi windows Anda. Karena jika Anda menginstal versi windows korup atau crack maka mungkin saja Anda menghadapi kesalahan ini.

Alasan kedua adalah masalah pada adaptor daya laptop Anda. Jika kabel power adapter Anda rusak karena alasan apapun maka kesalahan ini akan terjadi.

Alasan ketiga adalah masalah baterai laptop Anda. Dan yang terakhir adalah masalah di motherboard laptop Anda.

Untuk mengatasi masalah ini Anda harus mengikuti proses langkah demi langkah di bawah ini dengan benar.

Metode 1: Perbaiki dan Install Driver Laptop Anda terlebih dahulu.

Pastikan Driver yang Anda Install sudah sesuai dengan versi yang laptop Anda gunakan. 90% kesalahan ini terjadi karena menginstal driver dari pihak ketiga atau driver ini rusak oleh beberapa virus atau registry. Dengan memperbaiki driver ini, Anda dapat dengan mudah mengatasi kesalahan ini di laptop Anda. Jika Anda menginstal Microsoft ACPI-Compliant Control Method Driver baterai di laptop Anda, cobalah hapus untuk sementara. Pasalnya, ini merupakan sumber dari kesalahan yang terjadi.

Driver ACPI (Advanced Configuration and Power Interface) bertanggung jawab untuk mengelola proses pengisian baterai pada laptop Anda. Tetapi jika Anda menginstal driver ini dari sumber yang tidak sah maka Anda mungkin mengalami masalah ini. Jadi langkah pertama untuk memperbaiki kesalahan ini adalah dengan menghapus driver jenis ini dari laptop atau komputer Anda dan Anda dapat dengan mudah mengatasi kesalahan ini .

Metode 2: Reset BIOS

Cukup masuk kedalam BIOS laptop Anda, kemudian reset pengaturan ke default.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *