Cara Memperbaiki “error 503 backend fetch failed”

0

Apa itu “error 503 backend fetch failed”?

“error 503 backend fetch failed” adalah referensi ke sebuah status situs web. Pada dasarnya, ini error ini menyampaikan pesan bahwa server pada suatu situs web tidak berfungsi. Ini adalah pesan respons khas Hyper Text Transfer Protocol yang ditunjukkan oleh sebuah situs web.

Kembali ke subjek, kode status error ini ditandai dengan kode 503 dan setara dengan kesalahan server internal. Kesalahan ini terjadi pada semua browser web dan semua sistem operasi, bahkan pada ponsel cerdas baik itu android maupun iOS.

Mengapa “error 503 backend fetch failed” bisa terjadi?

Kesalahan ini mungkin disebabkan oleh server suatu website yang tidak memiliki memori yang memadai atau bisa jadi ada terlalu banyak yang mengakses suatu website tersebut.

Biasanya “error 503 backend fetch failed” ini terjadi pada website yang memakai sertifikasi SSL (HTTPS) .

Bagaimana cara memperbaiki “error 503 backend fetch failed”?

Seperti yang mungkin Anda pahami dari teks di atas, kesalahan ini umumnya merupakan kesalahan dari backend suatu situs web. Ada kemungkinan juga masalah ini terjadi pada PC Anda. Sekarang kita akan beralih ke beberapa perbaikan potensial lainnya.

1. Refresh Browser

Segarkan/ Refresh  halaman web atau tekan F5 untuk melakukannya. Ini adalah cara pertama yang harus Anda lakukan, karena dengan merefresh suatu halaman website yang mengalami “error 503 backend fetch failed” bisa mengatasi masalah tersebut.

2. Restart Perangkat Modem/PC/ Laptop/Ponsel

Jika Anda menggunakan koneksi internet menggunakan Modem cobalah restart modem Internet Anda terlebih dahulu , jika Anda menggunakan koneksi menggunakan Ponsel silahkan juga restart ponsel Anda terlebih dahulu dan jika itu tidak berhasil, reboot PC atau perangkat mana pun yang Anda gunakan.

Catatan : Terkadang kesalahan disebabkan masalah dengan server DNS, yang dapat diperbaiki dengan cara merestart perangkat.

3. Gunakan Browser Lain

Misalkan error error 503 backend fetch failed terjadi saat Anda menggunakan browser chrome cobalah akses situs menggunakan browser lain seperti mozilla, opera dll

4. Hapus cache & History browser Anda

Solusi berikutnya adalah dengan menghapus cache dan history browser Anda, karena cache pada browser bisa menyebabkan konflik.

5. Hubungi CS Situs atau aplikasi yang Anda kunjungi

Jika kedua cara diatas belum juga menyelesaikan masalah error 503 backend fetch failed Anda dapat mengirim email dan hubungi pemilik situs web. Selalu ada kemungkinan bahwa admin situs tidak tahu tentang masalah tersebut.

6. Reset Browser Anda

Solusi selanjutnya adalah dengan melakukan reset pada browser Anda. Untuk caranya sudah pernah kami bahas pada artikel ” cara Mengatasi masalah di browser chrome

7. Gunakan Mode Incognito di Browser

Anda bisa mencoba menggunakan mode incognito, rata rata pada browser saat ini sudah memiliki fitur incognito, fitur ini juga sudah tersedia pada browser chrome ataupun firefox. baik itu untuk desktop ataupun mobile (android).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini