Apa Penyebab Error “Bookmark not defined” ini terjadi ?

Berdasarkan pengalaman kami, ada beberapa skenario berbeda yang memicu pesan error  khusus ini terjadi diantaranya adalah :

  • Satu atau beberapa bookmark tidak ada : Dalam kebanyakan kasus, kesalahan terjadi karena Microsoft Word bergantung pada bookmark untuk membuat Daftar Isi untuk berbagai bagian. Jika satu atau beberapa bookmark tidak dapat ditemukan, Anda akan mendapatkan pesan kesalahan khusus ini.
  • Bookmark sudah kedaluwarsa : Jika Anda bekerja dengan ToC semi-manual, kemungkinan entri Daftar Isi tidak akan diperbarui secara otomatis kecuali Anda memberikan lampu hijau yang akan memperbaiki entri bookmark yang rusak. Untuk melakukan ini, Anda harus memilih TOC (Daftar Isi Otomatis)   dan tekan tombol F9.
  • Entri bookmark rusak – Jika file .doc Anda berisi banyak link bisa memicu masalah ini muncul, cara paling efisien yang akan memungkinkan Anda untuk menyingkirkan masalah ini adalah mengubah keseluruhan TOC(Daftar Isi Otomatis)  menjadi teks statis.

Solusi Perbaikan di bawah ini dipesan kami tulis berdarakan pengalaman kami sendiri dalam memperbaiki error Bookmark not defined ini berikut adalah langkah-langkah perbaikannya :

Solusi 1 : Menggunakan perintah Undo

Jika Anda mendapatkan kesalahan ini saat mencoba menggunakan TOC (Daftar Isi otomatis) , kemungkinan satu atau lebih bidang berisi tautan yang rusak yang mengarah ke bookmark.

Jika Anda melihat Error! Bookmark Not Defined. Setelah membuat  TOC (Daftar Isi Otomatis)   dan Anda belum menyimpan dokumen itu, Anda dapat mengembalikan teks aslinya dengan mudah dengan segera menekan kombinasi tombol Ctrl + Z Atau Undo

Setelah Anda menekan Undo , perbaiki tautan bookmark pada daftar isi yang rusak sebelum mencoba mengonversi dokumen menjadi file PDF .
Jika metode ini tidak berhasil Pindah ke metode berikutnya di bawah ini.

Solusi 2 : Mengganti bookmark yang hilang

– Di dalam Word Anda, buka bagian Daftar isi yang muncul error Bookmark not defined  dan klik Kanan > Kemudian, pilih > Toggle Field Codes > dari menu konteks.

– Setelah itu  Anda akan melihat Kode Bidang di belakang bookmark. HYPERLINK (atau PAGEREF). Pilih Insert > Bookmark dan buat bookmark baru dengan nama lama.

***Catatan:

Entri seperti PAGEREF / HYPERLINK ‘Nama Bookmark’ mengarah ke bookmark yang disisipkan entri seperti PAGEREF / HYPERLINK ‘Ref33958203840’ merujuk ke bookmark tersembunyi yang dibuat oleh dialog. Setelah setiap bookmark yang hilang atau rusak diperbaiki, cobalah untuk mengkonversi dokumen menjadi PDF sekali lagi dan lihat apakah masalah telah diatasi.

Jika Anda masih menemukan error  Bookmark Not Defined , Pindah ke metode berikutnya di bawah ini. :

Solusi 3 : Meng-konfersi  Daftar Isi Otomatis  ke static text

Untuk mengonversi Daftar Isi Otomatis ini menjadi teks yang sepenuhnya statis, yang perlu Anda lakukan adalah memilih Daftar Isi dan tekan Ctrl + Shift + F9. Setelah itu semua daftar isi otomatis akan diubah menjadi teks statis yang dapat Anda edit sesuai keinginan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here