Mengatasi SMS Yang Tidak Terkirim Walaupun Ada Pulsa

0

Bagi kamu pengguna ponsel Android, mungkin pernah mengalami masalah, dimana Anda tidak dapat mengirim atau menerima sebuah pesan SMS, walaupun pulsa Anda mencukupinya.

Berbagai faktor bisa menjadi penyebab utama dari masalah ini, mulai dari masalah teknis hingga pengaturan perangkat. Oleh karena itu, artikel ini hadir untuk memberikan panduan dan solusi praktis dalam mengatasi masalah SMS yang tidak bisa terkirim.

Berikut ini adalah solusi perbaikan yang bisa Anda lakukan Untuk Mengatasi SMS Yang Tidak Terkirim di Ponsel Android :

1. Solusi Pertama : Jadikan Google Message sebagai aplikasi pengiriman SMS default

Pada ponsel android Google Message adalah aplikasi bawaan yang berfungsi untuk mengirim dan menerima pesan SMS. Pada beberapa produsen ponsel juga memiliki aplikasi yang sama.

Untuk itu, jika Anda tidak bisa mengirimkan dan menerima SMS di ponsel Anda, pastikan Anda sudah menjadi aplikasi Google Message sebagai aplikasi default, untuk caranya :

Pergi ke menu Pengaturan > Ketuk Aplikasi > Aplikasi default > Google Message / Aplikasi SMS

2. Menonaktifkan iMessage untuk nomor Anda (Jika sebelumnya nomor Anda digunakan di iPhone)

Jika sebelumnya Anda menggunakan nomor yang sama di iPhone , kemungkinan ini juga bisa jadi penyebabnya.

Jadi, sebelum Anda memindahkan kartu SIM dari iPhone Anda ke ponsel Android, Pastikan juga  Anda telah  menonaktifkan iMessage sebelum mengeluarkan kartu SIM dari iPhone. Jika tidak, pesan SMS yang Anda kirimkan dan Anda terima akan terus masuk dan dikirimkan ke iPhone lama Anda, bukan ke ponsel Android Anda yang baru .

Untuk caranya :

Masukkan kembali kartu SIM Anda ke iPhone lama, kemudian buka Settings > Pilih Messages > ubah dan Setel pengaturan iMessage ke Off.

3. Update Ponsel Android Anda

Jika kedua cara diatas sudah Anda lakukan, dan Anda juga belum juga bisa mengirimkan atau menerima SMS cobalah untuk melakukan update OS ke versi yang terbaru.

4. Pastikan Nomor Anda tidak di Blokir Oleh Provider

Pastikan juga nomor dan kartu SIM yang Anda gunakan tidak ada masalah ataupun tidak diblokir.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini