Beberapa waktu belakangan ini , Beberapa pengguna ponsel Android merasa kesulitan untuk Download Aplikasi atau Game favorit di Google Play Store dengan tampilnya Error while retrieving information from server. [DF-DLA-15] saat men-download maupun mengupdate sebuah aplikasi maupun game. Tepatnya, Pesan Kesalahan mengatakan , ” aplikasi Tidak dapat diunduh Coba lagi, dan jika masalahnya berlanjut, dapatkan bantuan untuk mengatasi masalah. (Kesalahan saat mengambil informasi dari server. [ DF-DLA-15 ] )” Disini saya akan mencoba membantu Anda untuk mengatasi Error while retrieving information from server. [DF-DLA-15]. Mari kita mulai :

Metode 1: Membersihkan Cache.

Dengan metode ini yang perlu Anda lakukan adalah Bersihkan Cache dan Data di Aplikasi Google Play Store.

Pergi ke pengaturan> Pilih Aplikasi >Pilih Google Play Store> Ketuk Clear Cache dan Clear Data.

Jika sudah selesai, Coba dan download sebuah aplikasi di google play store, jika error DF-DLA-15 masih muncul, kita lanjut ke metode kedua.

 

Metode 2: Membersihkan Cache Dalvik

Pada Penelitian, kami mengetahui bahwa Membersihkan Cache Dalvik telah membantu beberapa pengguna untuk mengatasi Kesalahan DF-DLA-15. Apa itu Dalvik? Anda mungkin bertanya. Nah, Dalvik adalah mesin JAVA Based Virtual yang merupakan basis semua Program.

Metode ini mengharuskan Anda untuk memiliki akses Root dan aplikasi Root Explorer. Untuk aplikasi root saya menggunakan aplikasi  “Ex File Explorer” yang tersedia secara gratis. Jika tidak bisa di download melalui playstore Anda bisa mendownload Versi APK nya disini.

Buka Ex File Explorer > Buka Direktori Root > Kemudian akses folder  

/ data / cache Dalvik. Pilih & Hapus semua file dari folder cache Dalvik. Dilanjutkan dengan merestart Ponsel Android Anda.

Dengan Metode Kedua ini banyak pengguna Android yang sudah  berhasil memperbaiki error while retrieving information from server. [DF-DLA-15]. Jika Belum Berhasil lakukan metode ke 3 dibawah ini .

 

Metode 3: Uninstall Updates Aplikasi Google Play Store

Apakah Anda baru saja mengupdate Aplikasi Google Play Store di Ponsel Anda ? jika ia lakukan langkah dibawah ini :

Cukup pergi ke menu Setelan> Aplikasi> Google Play Store> Copot pemasangan Pembaruan . Setelah selesai, restart ponsel Android Anda dan ingat jangan perbarui google play store dulu. Tapi cobalah untuk membuka aplikasi google play store dan coba download sebuah aplikasi apa saja, apakah Error DF-DLA-15 masih ada pada Layar anda?

Dalam kebanyakan kasus, metode ini berhasil. Ini mungkin tidak bekerja setiap saat tapi patut dicoba. Anda selalu dapat memperbarui play store lagi setelah masalah teratasi.

Update ( Jika Cara diatas belum juga berhasil cobalah baca updatean dibawah ini ) :

1) Unmount SD Card: Settings> Storage> Unmount SD Card . Untuk Mengembalikan SD Card: Settings> Storage> Re-mount SD Card.

2) Instal ulang Play Store: Cara ini tidak saya sarankan oleh sebab itulah saya tulis cara ini di bagian akhir.

Berita sebelumyaCara Memperbaiki Error “An Unknown Network Error Has Occurred” di Instagram
Berita berikutnyaCara Mengatasi Error 0x803F7001 saat Aktivasi Windows 8/10

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here