Error “windows cannot be installed to this disk. the selected disk is of the gpt partition style” Biasanya terjadi ketika Anda mencoba untuk menginstal Windows 10/8/7 di komputer/laptop Anda . Ini adalah salah satu kesalahan umum yang terjadi selama instalasi Windows, dan pesan kesalahan serupa lainnya adalah ” Windows cannot be installed to this disk. The selected disk has an MBR partition table”. GPT dan MBR adalah dua jenis skema partisi hard disk. MBR adalah singkatan dari Master Boot Record dan GPT adalah singkatan dari GUID Partition Table.

MBR adalah struktur partisi tradisional untuk mengelola partisi disk, dan banyak digunakan oleh sebagian besar pengguna karena kompatibilitasnya dengan sebagian besar sistem. MBR berisi tabel partisi, yang terletak di blok pertama hard disk. Tabel partisi menyimpan informasi partisi pada disk, seperti nomor partisi, lokasi awal, ukuran partisi, dll. Selain itu, MBR menyertakan bagian kecil dari kode yang dapat dieksekusi yang melayani prosedur boot OS. Pada disk MBR Anda dapat membuat 4 partisi utama paling banyak.

Pesan Error “windows cannot be installed to this disk. the selected disk is of the gpt partition style”  berarti komputer diatur untuk boot dalam mode BIOS lama, tetapi hard drive tempat Anda mencoba menginstal Windows dipartisi sebagai GPT . Beberapa motherboard lama mendukung Legacy BOIS Legacy + UEFI / CSM Boot. Di Legacy BIOS, Anda dapat menginstal sistem operasi hanya pada disk MBR, karena BIOS lama tidak mendukung gaya partisi GPT modern. Ketika versi Windows yang ingin Anda instal mendukung GPT, tetapi BIOS tidak, maka inilah penyebab error ini muncul. Dengan demikian, solusi untuk kesalahan ini adalah mengubah disk GPT ke MBR.

Berikut adalah Cara Memperbaiki Error “windows cannot be installed to this disk. the selected disk is of the gpt partition style” :

Solusi 1 : Ubah mode BIOS dari UEFI ke Legacy

  •  Restart Komputer/ Laptop Anda
  •  Masuk Ke BIOS dengan menekan tombol “F2/ ESC/” untuk masuk ke BIOS.

*** Catatan : Untuk masuk ke BIOS setiap merek laptop memiliki cara yang berbeda.

  •  Ketika seudah masuk ke BIOS cari Menu  “Boot”.
  •  Pada menu Boot Mode tekan “Enter”, dan kemudian pilih “Legacy “.
  •  Tekan “Enter”.
  • Tekan “F10”, dan pilih “Yes” untuk menyimpan perubahan dan keluar dari BIOS.

Solusi 2 : Format hard drive dan konversikan ke MBR menggunakan Diskpart

  •  Tekan tombol Shift + F10 ketika Anda melihat error “windows cannot be installed to this disk. the selected disk is of the gpt partition style” yang akan membuka Command Prompt. Jika itu tidak berhasil, silakan kembali ke layar pertama instalasi dan tekan Shift + F10 .
  •  Ketik perintah diskpart di command prompt dan tekan Enter.
  •  Ketikkan perintah  list disk  dan tekan Enter.
  •  Ketik select disk # dan tekan Enter. Ganti # dengan nomor disk yang mewakili hard disk dengan partisi GPT.
  • Ketik clean  dan tekan Enter. Perintah ini menghapus semua partisi dan data dari disk yang dipilih.
  • Ketikkan convert mbr dan tekan Enter. Perintah ini mengonversi disk ke format MBR. Anda dapat keluar dari Command Prompt ketika muncul pesan “DiskPart successfully converted selected disk to MBR format”.  Dan menandakan proses convert berhasil dan Anda bisa melanjutkan proses Installasi.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here