Cara Memperbaiki Error yang sering terjadi pada Android Studio

Berikut ini adalah beberapa masalah error yang paling sering terjadi pada Android Studio :

  1. Cara Memperbaiki error ActivityNotFoundException

Biasanya, Error ini terjadi ketika Anda lupa mendeklarasikan Aktivitas dalam Manifes projek Anda.

  1. ClassCastException

Java memungkinkan Anda mentransmisikan variabel dari satu jenis ke tipe yang lain, selama proses ini terjadi, di antara tipe data yang kompatibel. ClassCastException menunjukkan bahwa Anda telah mencoba mentransmisikan objek ke subkelas sehingga bukan merupakan instance , misalnya mencoba mentransmisikan String ke Integer. Untuk mengatasi kesalahan ini, navigasikan ke bagian kode Anda yang ditunjukkan didalam pesan kesalahan tersebut .

  1. Error converting byte to dex

Jika Anda mengalami kesalahan ini, maka cobalah membersihkan (Clean> Build Project) dan buat kembali proyek Anda (Build> Rebuild Project). Jika ini tidak berhasil, periksa apakah nama paket yang Anda gunakan sudah sesuai dengan nama paket dalam Manifest proyek Anda.

  1. INSTALL_FAILED_INSUFFICIENT_STORAGE

Kesalahan ini dapat terjadi saat Anda mencoba menginstal suatu proyek di perangkat Android Virtual Device (AVD) atau perangkat Android fisik, dan perangkat tidak memiliki cukup penyimpanan.

Jika Anda menggunakan AVD, tutup dan luncurkan kembali ‘AVD Manager’. Temukan AVD yang ingin Anda gunakan, lalu klik ikon ‘Edit’. Pada jendela yang muncul, pilih ‘Show Advanced Settings’, gulir ke bagian ‘Memori dan Penyimpanan’ dan tingkatkan jumlah ruang yang tersedia untuk AVD Anda. Jika Anda menggunakan tablet atau smartphone Android fisik, maka inilah saatnya membersihkan file yang tidak berguna pada perangkat Anda untuk menambah kapasitas memori Android Anda, misalnya dengan mencopot pemasangan aplikasi atau membersihkan beberapa file media yang sudah tak terpakai.

  1. NullPointerException

Pesan “NullPointerException” terjadi saat Anda menggunakan referensi yang menunjuk ke ‘no location’ di memori (null) seolah-olah Anda merujuk sebuah objek. Sebagai contoh, mungkin Anda mencoba memanggil metode instance dari objek null, atau memodifikasi slot dari nol seolah-olah itu adalah array.

Aplikasi Anda kemudian akan mencoba untuk menggunakan null dimana sebuah objek dibutuhkan, menghasilkan NullPointerException.

Untuk memperbaiki NullPointerException, Anda biasanya perlu mengidentifikasi nilai yang menyebabkan pengecualian, lalu cari di mana nilai-nilai ini harus ditetapkan, dan disesuaikan.

  1. R.layout.main Cannot Be Found / Cannot resolve symbol R

Ada berbagai masalah yang dapat menyebabkan kesalahan ini, namun solusinya biasanya cukup mudah: cukup bersihkan (Build> Clean) dan buat kembali project Anda (Build> Rebuild Project). Anda mungkin perlu mengulangi proses ini beberapa kali sebelum pesan kesalahan berhenti muncul.

Jika perbaikan cepat ini tidak berhasil, periksa apakah Anda merujuk semua file sudah sesuai atau belum. Jika Anda melihat kesalahan ini muncul  setelah memindahkan beberapa file atau direktori Java, karena IDE menyimpan informasi tentang struktur proyek Anda, pilih ‘File> Invalidate Cache / Restart’ dan kemudian klik tombol ‘Invalidate and Restart’. Bersihkan dan rebuild kembali proyek Anda.

  1. OutofMemoryError

Ada banyak penyebab potensial munculnya error OutOfMemoryError, namun penyebab yang paling umum diantaranya adalah , memuat bitmap besar dan kebocoran memori. Cara perbaikannyapun akan bervariasi tergantung pada penyebab terjadinya OutOfMemoryError, jadi Anda harus melacak masalahnya sebelum Anda dapat menyelesaikan solusinya. Misalnya, jika kesalahan ternyata terkait dengan bitmaps memory-hogging yang besar, kemungkinan perbaikan yang akan Anda lakukan adalah untuk memuat bitmap pada skala yang lebih rendah.

Android Studio hadir dengan berbagai alat yang dapat membantu Anda menganalisis cara aplikasi menggunakan memori, termasuk Monitor Memori, Pelacak Alokasi, Penampil HPROF, dan tab ‘Heap’ dari Device Android, gunakan fitur ini.

  1. Only the original thread that created a view hierarchy can touch its views

Error ini terjadi saat Anda mencoba mengupdate view dari thread manapun selain thread UI. Untuk mengatasi masalah ini, pastikan Anda melakukan tindakan apa pun yang melibatkan antarmuka pengguna aplikasi Anda di untaian UI saja.

Jika Anda perlu mengakses thread UI dari line lainnya, Anda bisa menggunakan runOnUiThread.

  1. Too many field references

Pesan ini akan ditampilkan setiap kali project Anda menyertakan lebih dari 65536 referensi, karena ini adalah jumlah referensi maksimum yang dapat dipanggil oleh satu file bytecode dex tunggal.

Cara memperbaiki error ini, Anda memiliki dua pilihan:

  1. mengurangi jumlah referensi dalam proyek Anda
  2. atau mengonfigurasi aplikasi Anda untuk menggunakan lebih dari satu file dex.

     10.  NetworkOnMainThreadException

Cara memperbaiki error NetworkOnMainThreadException adalah Anda perlu memindahkan kode yang berhubungan dengan Internet ke thread terpisah. Sebagai alternatif, Anda dapat menggunakan AsyncTask atau IntentService untuk membungkus operasi jaringan Anda di thread .

  1. Activity has leaked window that was originally added here

Error ini berarti Anda telah keluar dari Aktivitas sebelum dialog ditutup. Untuk mengatasi masalah ini, pastikan Anda menghentikan () untuk menutup dialog sebelum keluar dari Aktivitas Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *