Cara Memperbaiki HP/ Ponsel Layar Sentuh Yang Tidak Bisa Disentuh

0

Ponsel saat ini, sudah hampir semua menggunakan teknologi layar sentuh. Sudah tidak ada lagi kita lihat ponsel terbaru sekarang yang menggunakan tombol fisik atau LCD biasa. Baik itu merk Samsung, Xiaomi, Oppo dan ponsel lainnya. Pada ponsel atau HP layar sentuh ini tidak terlepas dari masalah, masalah yang paling sering terjadi adalah layar sentuh yang tidak bisa disentuh. Baik itu pada beberapa bagian layar atau bahkan diseluruh layar.

Pada dasarnya, teknologi layar sentuh digunakan untuk mempermudah kita. Tetapi jika masalah layar yang tidak bisa disentuh ini terjadi, tentunya membuat kita tidak bisa mengeporasikan apapun di ponsel Anda. Untuk membantu Anda, berikut ini adalah solusi yang bisa Anda lakukan untuk memperbaiki masalah layar sentuh yang tidak bisa disentuh.

Dan cara ini bisa Anda terapkan pada semua merk ponsel Android, baik itu Samsung, xiaomi, oppo , vivo dan merk lainya.

1. Restart Ponsel/ HP Anda

Solusi pertama ini dimaksudkan untuk memperbaiki masalah sistem yang conflik di latar belakang sistem. Dengan merestart Ponsel dapat memperbaiki masalah ini secara otomatis.

Untuk caranya, Anda bisa matikan ponsel Anda kemudian biarkan dalam keadaan mati selama lebih kurang 10 menit dan pastikan juga tidak dalam keadaan di cas.

Setelah itu , hidupkan kembali seperti biasa, apakah layar sudah bisa disentuh ?

2. Update Sistem Operasi Ponsel Anda

Solusi pertama yang kami rekomendasikan adalah , dengan memastikan untuk memeriksa apakah perangkat lunak perangkat Anda sudah menggunakan versi terbaru. Hal ini dimaksudkan untuk memperbaiki masalah seputar software yang memicu terjadi masalah pada layar sentuh.

Untuk melakukan update sistem ini umumnya Anda bisa pergi ke menu Pengaturan > Pembaruan

Jika ada update yang tersedia, segera lakukan update.

3. Tingkat Kinerja Ponsel Anda

Pada ponsel Samsung memiliki fitur Optimasi.  Ini adalah sebuah fitur perawatan perangkat samsung yang akan meningkatkan kinerja ponsel Anda secara keseluruhan dengan memindai ruang penyimpanan yang terbuang dan masalah potensial lainnya.

Untuk mengaktifkan fitur ini Anda bisa pergi ke menu Pengaturan> Perawatan perangkat, lalu ketuk Optimalkan sekarang.

4. Lakukan Perbaikan Lanjutan

Pada artikel sebelumnya, kami sudah pernah membahas masalah error pada layar sentuh. Baca artikel kami sebelumnya tentang :  Cara Memperbaiki Layar Ponsel Android Tidak Merespon

5. Lakukan Reset Factory

Jika semua cara diatas belum berhasil, cobalah untuk melakukan reset factory pada ponsel Anda. Ini akan membuat ponsel Anda akan kembali ke kondisi pabrikan. Persisnya seperti kondisi saat pertama kali Anda beli.

Catatan :

Sebelum melakukan reset factory. Jangan lupa untuk membackup data ponsel Anda terlebih dahulu. Karena proses ini akan menghapus semua data yang ada pada ponsel Anda.

6. Kerusakan Hardware

Jika layar sentuh masih belum bisa juga disentuh. Kemungkinan besar ada kerusakan hardware yang terjadi. Sebaiknya bawa ke tempat service langganan Anda untuk penangganan lebih lanjut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here